oleh

Komunitas Tale, Ciptakan Dusun Akademik dengan Batasi Kecanduan Gadget

Kabarmadura.id/SAMPANG-Wabah Covid-19 bukanlah halangan bagi pemuda Dusun Nangger, Desa Plakaran Kecamatan Jrengik Sampang. Para pemuda di dusun tersebut justru memiliki cara unik dan inspiratif untuk tetap berkreasi dan memfasilitasi remaja di lingkungannya.

Secara swadaya, para pemuda dusun tersebut mendirikan taman baca yang bisa digunakan oleh anak-anak dan para remaja.  Mendorong anak-anak merambah dunia literasi, begitulah alasan dari komunitas yang menamakan diriTanian Lanjeng atau Komunitas Tale tersebut.

Taman baca Tanian Lanjeng tersebut, sebagaimana dituturkan ketua sekaligus pendiri Komunitas Tale, Fauzi, juga bisa dijadikan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi anak-anak Dusun Nangger dengan pembimbing relawan yang tergabung dalam Komunitas Tanian Lanjeng.

Awalnya, para pemuda yang juga rekan-rekan Fauzi mendonasikan buku-buku pribadi mereka untuk dijadikan sebagai taman baca. Mereka kemudian mengumumkan kepada anak-anak untuk bisa memanfaatkan taman baca tersebut.

Taman baca tersebut mendapatkan sambutan baik dari anak-anak dan juga mendapatkan dukungan dari para orang tua. Terlebih, saat sebagian anak-anak tidak masuk kelas akibat wabah Covid-19.

“Kami tidak mau para pemuda dan anak-anak di Dusun Nangger leboh condong pada kegiatan yang berdampak negatif di era moderenisasi, kami khawatir nantinya akan berpengaruh terhadap pengetahuan dan hidup bersosialnya,” ungkaplulusan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Trunojoyo Madura ini, Minggu (26/7/2020).

Menempati lahan kosong milik temannya dan membangun secara swadaya, Taman Baca Tanian Lanjeng berhasil menjadi tempat bertukar keilmuan. Lantaran antusiasnya sambutan tersebut, rencananya akan dikembangkan pada dunia kreasi lainnya, misalnya menciptakan karya flim pendek.

“Kami berharap anak-anak memiliki karya sendiri, utamanya naskah dan alur ceritanya mereka bikin sendiri. Bersyukur adanya taman baca ini, banyak anak-anak yang baca buku ditempat, dan semoga kedepan terus ada peningkatan,” ulas Fauzi.

“Nanti bulan Agustus kami akan mengadakan kegiatan lomba permainan anak-anak,” pungkasnya. (mal/bri/waw)

Komentar

News Feed