oleh

Komunitas “Vocba” Bantu Pembangunan Masjid

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Komunitas ‘Vocba mengabdi kepada masyarakat dengan cara menyumbang untuk pembangunan masjid.

HELMI YAHYA, Bangkalan

Banyak cara yang dilakukan oleh komunitas motor untuk menjadi bermanfaat di tengah masyarakat. Seperti halnya komunitas Vario Owners Club Bangkalan (Vocba) yang tidak hanya memiliki rasa solidaritas tinggi. Tetapi juga berbagi kepedulian dengan sesama, salah satunya melalui giat penggalangan dana untuk pembangunan masjid Nurul Hidayah, Di Desa Parseh, Kecamatan Bangkalan.

Kegiatan penggalangan dana tersebut berdasarkan agenda tahunan yang sudah dirancang sebelumnya, dan juga sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun mereka yang ke-4. Dari berbagai data yang dikumpulkan, di Bangkalan masih banyak pembangunan masjid yang tidak selesai.

Pada Jumat (19/2), rombongan Vocba mulai berkeliling menyisir suasana perkotaan yang ramai. Dari keramaian tersebut, mereka mulai menyodorkan kardus dengan tulisan penggalangan dana masjid. Kadang juga sambil mengingatkan agar beraktifitas di luar rumah hendaknya mematuhi prorokol kesehatan (protkes) yang sudah ditentukan. ”Kami berkeliling mencari para dermawan, sambil lalu kami ingatkan mereka yang tidak pakai masker,” jelas Mulatazam sebagai ketua Vocba.

Ia juga menyampaikan, tujuan penggalangan dana untuk bakti sosial. Kemudian, karena saat perencanaan dan musyawarah beberapa waktu lalu adalah mengenai pembangunan masjid, maka realisasinya juga sama. ”Dari dana yang kami kumpulkan, kami sumbamgkan dalam bentuk bahan bangunan,” ulasnya.

Bagi Vocba yang berada di bawah naungan Vacelivers Indonesia, berbagai bantuan pada pembangunan masjid lebih berdampak besar. Sebab, masjid merupakan tempat ibadah yang ditempati banyak warga. Sehingga masjid yang dipilih harus strategis.dan memang butuh untuk.dibantu. ”Masjid yang kami pilih ini ada di tengah lingkungan padat penduduk, dan masih jarang masjid di sekitar ini,” kata pria berusia 28 tahun itu.

Selain memberikan sumbangan, Vocba juga memberikan bantuan tenaga untuk melanjutkan pembangunan masjid yang diperkirakan menghabiskan waktu 3 tahun dan dana ratusan juta. Sehingga setelah penyerahan bantuan material bangunan, Vocba juga membantu pembangunan. ”Kami hanya sedikit membantu, dengan harapan dapat menyambung pembangunan tempat ibadah ini,” tutupnya. (km59?maf)

Komentar

News Feed