Kondisi Wisata Pantai Camplong Kian Memprihatinkan

  • Whatsapp
KURANG TERAWAT: Kondisi wisata Pantai Camplong di Sampang semakin memprihatinkan, sampah berserakan dan banyak fasilitas yang mulai rusak, belum dibenahi.

Kabarmadura.id/Sampang-Keseriusan pihak pengelola wisata Pantai Camplong di Sampang perlu dipertanyakan. Hal itu, bukan tanpa alasan, sebab saat ini kondisi Pantai Camplong itu, semakin memprihatinkan, bahkan terkesan tidak terurus, lantaran sampah berserakan dan sejumlah fasilitas penunjang wisata banyak yang dibiarkan rusak dan karatan.

Ika (26) salah satu pengunjung wisata alam Sampang mengaku sangat prihatin terhadap kondisi pantai tersebut. Dirinya sangat menyayangkan kondisi tempat wisata yang dulu indah itu, tetapi saat ini harus tercemar dengan sampah plastik yang berserakan di lokasi tersebut.

Untuk itu Ika berharap, semua pihak yang mempunyai kewenangan atas wisata Pantai Camplong segera mengatasi permasalahan sampah plastik dan memperbaiki sejumlah fasilitas yang mulai karatan dan rusak, sehingga para pengunjung tetap nyaman berkunjung ke tempat wisata itu.

“Kalau persoalan sampah dan kerusakan fasilitas ini tidak segera diatasi, saya yakin minat wisatawan untuk berkunjung semakin rendah, saya sendiri sangat kecewa melihat pantai yang indah dibiarkan kurang terurus ini,” harapnya, Senin (2/9).

Menanggapi keluhan pengunjung itu, General Manager Pantai Camplong Bambang Setiadi berjanji, dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, guna mengatasi persoalan sampah tersebut.

Setidaknya menurut Bambang (sapaan akrabnya), pihak DLH bisa menyediakan  tempat pembuangan sampah dan diangkut secara rutin, dengan begitu sampah tidak menumpuk dan beserakan lagi.

Bambang juga akan memberikan sosialisasi dan arahan kepada semua pengunjung agar membuang sampah pada tempatnya. Sebab persoalan sampah ini, tidak akan bisa teratasi tanpa dukungan dan kesadaran masyatakat.

“Yang jelas, persoalan sampah ini akan segera kami atasi dan bekerjasama dengan DLH serta mengajak masyarakat agar sadar kebersihan di lingkungan wisata ini,” kelitnya.

Lanjut dia, adanya fasilitas di pantai  yang rusak dan berkarat itu, dikarenakan terkena air laut. Untuk itu, Bambang akan mengganti bahan yang tidak mudah berkarat, sehingga ketika terkena air laut fasilitas penunjang wisata tersebut, seperti spot foto pengunjung dan lainnya tetap aman dan tahan lama.

Tak hanya itu, Bambang juga sesumbar untuk menambah fasilitas bermain untuk anak-anak seperti water boom dan semacamnya. Hal itu, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memancing para pengunjung.

“Yang jelas, kami akan segera perbaiki semua kerusakan sejumlah fasilitas ini, untuk diganti dengan bahan yang anti karat saat kena air laut, namun ini semua harus bertahap,” janjinya.

Sementara itu, Sekretaris DLH Sampang Adnani berujar, beberapa waktu yang lalu, instansinya sudah mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah di berbagai lokasi, termasuk pantai Camplong. Itu semua, sudah merupakan tugas DLH untuk mengurai dan mengatasi persoalan sampah di wilayah itu.

“Prinsipnya, kami (DLH, red) selalu siap kapan saja untuk menangani sampah, dengan catatan ada koordinasi terlebih dahulu, sehingga bisa menyiapkan segala sesuatunya, seperti truk sampah dan tenaga kebersihan,” tandasnya. (sub/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *