Kontraktor di Kabupaten Sampang Sering Mengabaikan Fungsi Dana Pemeliharaan Pekerjaan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ist)

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Pekerjaan fisik tahun 2019 sebagian besar sudah selesai. Kondisi itu, cukup rentan dengan masa pemeliharaan menjadi sorotan dari berbagai kalangan. Tidak terkecuali, para wakil rakyat di Kabupaten Sampang. Mereka, meminta agar kontraktor maksimal mengontrol masa pemeliharaan dari setiap pekerjaan fisik.

Anggota Komisi III DPRD Sampang Abdussalam mengatakan, setiap pekerjaan fisik dianggarkan untuk masa pemeliharaannya. Sebab, dana itu sudah tertuang dalam dokumen kontrak dan digunakan jika, ada kerusakan pada pekerjaan tersebut. Sehingga, semua kontraktor wajib melakukan perbaikan sesuai pagu anggaran yang sudah ada.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak hanya mengawal proses pekerjaan saja. Tapi juga masa pemeliharaan, sehingga setiap ada kerusakan selama masa pemeliharaan, maka harus diperbaiki,” ujarnya, Minggu (03/01/2021).

Sebab, lanjut politisi Partai Demokrat itu, banyak kontraktor tidak profesional. Sehingga dana pemeliharaan tidak dimanfaatkan. Padahal, selama masa pemeliharaan merupakan tanggungjawab pelaksana kegiatan.  “Kami berharap semua kontraktor wajib bertanggung jawab. Jika memang ada pekerjaan yang rusak, maka harus diperbaiki,” tegasnya.

Abdussalam mendesak agar melakukan blacklist terhadap kontraktor nakal. Bahkan, setiap dinas teknis tidak boleh melakukan kontrak kerja dengan kontraktor yang tidak bertanggung jawab. “Kami akan melakukan monitoring ke sejumlah titik pekerjaan. Selain itu, kami akan menampung laporan dari masyarakat. Sebab, pembangunan fisik merupakan fasilitas umum,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Sampang, Ach. Hafi belum bisa dimintai keterangan. Meski upaya konfirmasi sudah dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui via seluler maupun ditemui ke tempat kerjanya, belum mendapatkan respon. (man/ito)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *