Kontribusi PAD Pasar Tradisional Baru 50 Persen

  • Whatsapp
KONTRIBUSI PASAR: Saat ini realisasi dari target retribusi pasar tradisional sebagaimana ditetapkan oleh Pemkab Sumenep hanya 50 persen.

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, mengungkapkan hingga memasuki penghujung tahun anggaran, kontribusi pasar tradisional terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui retribusi pasar masih berkisar 50 persen dari target yang ditetapkan.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Sumenep R. Abd. Said menyebutkan, retribusi pasar tradisional yang ditargetkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, harus mengalami peningkatan 15 persen setiap tahunnya, sehingga tahun ini ditargetkan sebesar Rp2,3 miliar.

“Target PAD dari pasar ini oleh pak bupati setiap tahun targetnya dinaikkan terus, sementara setiap tahun retribusinya belum pernah mencapai target,” katanya, Senin (14/10).

Lebih lanjut Sa’id (sapaan akrabnya) menyampaika, hingga memasuki triwulan keempat ini, sertapan retribusi pasar tradisional masih berputar di angka 50 persen. Padahal dirinya mengaku, pihaknya sudah proaktif dalam melakukan penagihan.

Salah satu yang menjadi faktor penghambat target serapan retribusi kata Sa’id, adalah proses renovasi di sejumlah pasar, sehingga menyebabkan pedagang untuk sementara waktu memilih tidak melakukan rutinitas di pasar.

Sa’id merinci, jumlah pasar tradisional di Sumenep sebanyak 36 pasar. Artinya, ada kecamatan yang jumlah pasarnya lebih dari satu. Sedangkan besaran penarikan retribusi dari penjual di setiap pasar, yakni dari Rp1.000 hingga Rp3.000.

“Masih 50 persen saat ini, sekitar Rp1 miliar ini masih. Karena memang pasar tradisional ini juga ada yang sudah tidak beroperasi,” imbuhnya.

Sekadar diketahui bahwa pasar tradisional yang paling aktif dan terbanyak berkontribusi adalah Pasar Anom. Karena selain beroperasi setiap hari juga paling banyak pedagang baik yang kelas rendah, menengah, maupun kelas atas. (ara/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *