Koperasi di Pamekasan; 414 Aktif, 274 Mandek

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) AYO GERAKKAN!: Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UMKM) Pamekasan diminta melakukan pembinaan secara komprehensif.

KABARMADURA.ID,PAMEKASAN  -Terdapat 688 koperasi di Kabupaten Pamekasan. Dari jumlah tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UMKM) Pamekasan mencatat ada 274 koperasi mandek, tidak aktif. Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) menjadi pemicunya; pengelola koperasi belum bisa mencari solusi yang tepat dalam mengembangkan koperasi yang telah dirintis.

Pelaksana Tugas (Plt) Diskop UMKM Pamekasan Abdul Fata menegaskan, pada tahun buku 2020 dikategorikan dua bagian koperasi. Pertama, Koperasi Aktif sebanyak 414. Indikatornya ialah alasan sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Kedua, tidak aktif sebanyak 274 koperasi. Kondisinya kini mengharuskan adanya pembinaan secara khusus. Itu untuk bisa mendorong para pelaku koperasi dalam membangkitkan kembali koperasi yang telah dirintisnya.

Bacaan Lainnya

“Kalau kita persentasekan ada 60,13 persen yang aktif. Yang aktif itu tidak semuanya ber-RAT; bisa saja kegiatannya saja yang jalan, tetapi mereka tidak mampu melaksanakan RAT,” paparnya, Kamis (18/3/2021).

Faktor utama tidak terkelolanya koperasi yang tidak aktif, kata Abdul Fata, disebabkan karena tenaga penunjangnya tidak memiliki kompetensi yang cukup  untuk mengatur berbagai manajemen dalam rangka mengembangkan koperasi yang telah dirintis.

“Kami sudah memberikan pelatihan kepada mereka; bagaimana mereka yang menangani keuangan mampu menyajikan laporan. Yang disajikan dalam RAT itu laporan keuangan, keorganisasian, dan bidang usaha,” ulasnya.

Diskop bertekad akan terus memberikan pendampingan kepada para pelaku koperasi. Yakni, melalui berbagai pendampingan pelatihan dengan tiga penyuluh lapangan yang sudah disiapkan. Harapannya, koperasi yang tidak aktif bisa segera aktif kembali, supaya bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Kami akan terus memberikan pendampingan kepada koperasi yang tidak aktif,” ulasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Syafiuddin, berharap kepada eksekutif untuk bisa memaksimalkan pelatihan dengan berbagai program yang sudah direncanakan. Sebab, koperasi dinilai bisa mendorong bergeraknya ekonomi masyarakat. (rul/nam)

Perkembangan Koperasi Pamekasan

Tahun Aktif Mandek Jumlah
2018 382 274 656
2019 392 274 666
2020 414 274 688
       

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *