oleh

Kopi Lembah, Bangkitkan Cinta Seni bagi Pemuda Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan– Paguyuban seni Kopi Lembah adalah sekelompok pemuda pecinta seni. Paguyuban tersebut sampai saat ini aktif melakukan kegiatan seni di wilayah Arosbaya. Kegiatannya berupa musik, film pendek, sastra, dan teater.

Ketua komunitas kopi lembah Muzamil Frasda mengatakan, Kopi Lembah berdiri sejak 5 Juli 2015. Dimana jumlah anggota sekitar 30 orang yang terdiri dari siswa, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Sementara ini mayoritas orang Arosbaya sendiri. Tapi tidak menutup akses dari luar Arosbaya bisa gabung,” ungkapnya, Minggu (30/8/2020).

Masih menurut Muzamil, tujuan mendirikan komunitas Kopi Lembah untuk menciptakan ruang kreativitas bagi kalangan pemuda. Khususnya para pemuda di Arosbaya. Melalui kegiatan seni itu, dia berharap berdampak positif bagi masyarakat.

“Dari pada para pemuda menyalahgunakan masa mudanya dengan yang tidak-tidak seperti memakai narkoba atau lainnya. Kami ingin mewadahi mereka melalui seni,” terangnya.

Muzamil mengungkapkan, alasannya mengambil nama kopi lembah tersebut, karena hanya enak di dengar saja. Tidak ada unsur filosofis atau unsur lainnya. Menurutnya, dua kata itu lebih mudah diingat oleh masyarakat kalangan muda.

“Sebetulnya kalau penamaan kami tidak terlalu filosofi. Kami memberi nama Kopi Lembah setidaknya familiar dan enak didengar telinga itu saja,” ujarnya.

Selama ini, Muzamil mengaku, sudah melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut mulai dari bakti sosial hingga mengikuti perlombaan. Bahkan beberapa kali komunitasnya itu pernah memenangkan lomba kejuaraan di tingkat kabupaten.

Salah satunya yakni mendapat juara umum kirab budaya se-Kabupaten Bangkalan tahun 2016, serta juara 2 kirab budaya mewakili Kecamatan Arosbaya tahun 2019. Kopi Lembah juga, kata Muzamil, selalu ikut turut serta memeriahkan event tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten.

“Anggota kami dan kegiatannya lebih banyak bermusik dan mengembangkan seni budaya. Tapi selain kegiatan tersebut kalau ada anggota kami yang berminat di bidang lain seperti pembuatan film pendek atau lainnya yang berbau seni, kami juga menaunginya,” pungkasnya.(ina/mam)

Komentar

News Feed