KPAB Sumenep, Wadahnya Pecinta Ayam Bangkok

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Komunitas Pecinta Ayam Bangkok (KPAB) Sumenep merupakan komunitas baru untuk mengikatkan persaudaraan di seluruh tanah air. Khususnya di Sumenep.

Ketua KPAB Sumenep Suryadi mengatakan, komunitas yang berdiri sejak 16 November 2020 ini merupakan ikatan para pecinta ayam bangkok.  Dalam rangka  menumbuhkan rasa persaudaraan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan KPAB. Di antaranya, pertemuan rutin yang diawali dengan tadarus Al-Qur’ an, setelah itu melakukan pembahasan mengenai ayam. “Para pecinta ayam bangkok ini anggotanya masih 10 orang,” katanya, Minggu (10/01/2020.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, ayam bangkok memiliki postur tubuh gagah. Banyak pecinta ayam menjadikannya sebagai koleksi hewan peliharaan. Ayam jenis itu mempunyai sifat pantang menyerah dan tangguh. “Selain untuk memelihara tradisi  ayam bangkok agar tidak punah, juga sebagai pemersatu umat muslim,” ujarnya.

Suryadi mengatakan, komunitas tersebut juga memberikan pemahaman terhadap masyarakat mengenai pentingnya ayam bangkok, contohnya mengenai perawatan ayam bangkok.

Menurutnya, tidak sedikit orang yang memelihara ayam bangkok, sebagai koleksi ayam terbaik di lingkungannya. “Kecamatan Lenteng menjadi pusat pecinta ayam ini, kemudian di Saronggi dan setelah itu di Kecamatan Bluto Desa Lobuk,” ucapnya.

Sementara itu, anggota KPAB Syaiful Bahri mengatakan, bagi para anggota komunitas tersebut melakukan pertemuan bulanan untuk memberikan pelatihan cara memberi pakan ayam yang baik. Sehingga ayam tersebut dapat tumbuh besar dan bisa dijual dengan harga terjangkau. “Komunitas kami masih baru. Jadi, masih tahap pengenalan pada masyarakat,” pungkasnya. (imd/km58)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *