oleh

KPU Bangkalan Tegaskan Rekapitulasi Bukan Penentu Legislatif

Keputusan Final Tunggu Gugatan di MK

Kabarmadura.id/BANGKALAN – Setelah usai membcakan hasil rekapitulasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang berakhir Jumat (3/5) malam, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan Fauzan Jakfar menegaskan, hasil rekapitulasi yang telah dibacanya tersebut bukan penentu atau penetapan calon legislatif mana yang akan terpilih. Demikian pun bukan penetapan jumlah kursi yang akan diraih setiap partai politik (Parpol) peserta pemilu.

“Apa yang telah kita bacakan ini merupakan hasil rekapitulasi yang kita lakukan secara berjenjang. Mulai dari penghitungan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), rekap tingkat kecamatan dan rekap tingkat kabupaten ini bukan menjadi penetapan calon anggota legislatif baik untuk dewan di pusat maupun dewan yang ada di daerah,” paparnya kepada awak media.

Menurutnya, penetapan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan yang terpilih ada tahapannya sendiri. Begitu juga dengan perolehan jumlah kursi parpol ada tahapan sendiri.

“Penetapan yang terpilih dan perolehan jumlah kursi kita masih menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU pusat. Jadi hasil rekap kemarin belum final, karena parpol maupun caleg masih ada ruang untuk melakukan gugatan,” ungkapnya.

Fauzan mengungkapkan, perolehan suara yang diterima oleh masing-masing parpol ini bisa berubah jika ada gugatan dari parpol lain. Dirinya menuturkan pada pemilu yang berlangsung tahun 2014 juga sama seperti ini. Ada beberapa parpol yang menggugat hasil rekapitulasi ke Mahkamah Konstitusi (MK). Jadi Fauzan menegaskan kembali bahwa hasil rekap yang telah selesai ini belum benar-benar final dan perolehan kursi dapat berubah jika ada gugatan ke MK.

“Pemilu kemarin (pemilu 2014, red) juga ada parpol yang tidak puas dengan hasil rekapitulasi yang telah dibacakan KPU. Hasilnya partai tersebut dapat jatah kursi. Jadi kita tidak ingin terburu-buru mengatakan siapa caleg yang terpilih,” terangnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed