KPU Beri Tambahan Waktu untuk Parpol Perbaiki Data Keanggotaan


KPU Beri Tambahan Waktu untuk Parpol Perbaiki Data Keanggotaan

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep telah menyusun berita acara hasil verifikasi administrasi. Hal itu dilakukan menyusul ditutupnya masa klarifikasi langsung terhadap anggota yang belum dapat ditentukan status keanggotaannya. KPU Sumenep juga telah menyampaikan hasil verifikasi administrasi ke KPU Jawa Timur pada 10-11 September 2022.

Klarifikasi langsung terhadap anggota parpol yang belum jelas statusnya hingga Kamis (8/9/2022) pukul 23.59.

"Sudah selesai semua diverifikasi, yang menentukan nantinya KPU RI, ada 24 parpol melakukan verifikasi," katanya, Minggu (11/8/2022).

Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Parmas Rafiqi Tanziel mengatakan, rekap hasil vermin sudah dilaporkan melalui KPU Jawa Timur (Jatim) melalui sistem informasi partai politik (sipol). Terdapat 22 parpol yang klarifikasi.

Dijelaskan, terdapat lima parpol yang menghadirkan anggota yang datanya bermasalah ke kantor KPU Sumenep, rinciannya PSI menghadirkan satu orang, PPP menghadirkan dua orang, Partai Nasdem menghadirkan 21  orang, PBB menghadirkan dua orang, dan PAN menghadirkan dua orang, sehingga totalnya 28 orang yang dihadirkan.

Meski demikian, pada 15-28 September nanti ada masa perbaikan. Parpol bisa memperbaiki atau mengganti anggota yang tidak memenuhi syarat (TMS).

"22 parpol itu yang klarifikasi langsung. Tetapi, pada prinsipnya semua parpol diberi kesempatan untuk memperbaiki, baik yang TMS dan belum memenuhi syarat (BMS)," jelas pria dengan sapaan Tanziel ini.

Perpanjangan itu dilakukan dengan melayangkan surat dinas nomor: 390/PL.01.1-SD/3529/2022 perihal pemberitahuan tambahan waktu klarifikasi langsung bagi anggota parpol yang belum dapat dipastikan keanggotaannya kepada semua parpol

"Tepat pukul 23.59 WIB KPU Sumenep menutup tahap klarifikasi langsung terhadap anggota parpol yang belum dapat ditentukan statusnya disaksikan oleh Bawaslu Sumenep," tutupnya.

22 PARPOL DI SUMENEP YANG MENGKLARIFIKASI

Partai Persatuan Indonesia, Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Republiku Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, Partai Amanat Nasional

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna