oleh

KPU Butuh 7382 Linmas untuk Jaga TPS

Kabarmadura.id/SAMPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, kembali akan merekrut sebanyak 7.382 Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang disiapkan untuk berjaga di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Sampang untuk Pemilu pada 17 April mendatang.

Rekrutmen Linmas itu sebagaimana diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Sampang Syamsul Mu’arif,  bahwa untuk memenuhi kebutuhuan ribuan Linmas tersebut, pihaknya sudah melakukan pengajuan kepada Pemerintah daerah Kabupaten Sampang untuk di sampaikan kepada Camat dan kepala desa agar memenuhi permintaan kebutuhan penjagaan di setiap TPS.

“Sudah disampaikan kepada Pemkab Sampang untuk segera disiapkan disetiap TPS nanti saat pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019 mendatang,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa KPU membutuhkan 2 orang linmas untuk melakukan penjagaan di setiap TPS, dengan begitu ada 7.382 Linmas nantinya yang akan menjaga 3.691 TPS yang tersebar di 14 Kecamatan Kabupaten Sampang.

“Kami membutuhkan linmas sebanyak 2 orang di setiap TPS, yang jelas kebutuhan linmas itu kami sudah merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar menyampaikan kepada para camat dan camat menyampaikan kepada kepala desa untuk melakukan pemenuhan linmas 2 orang di setiap TPS,” tambahnya.

Diterangkannya, anggota Linmas, yang dulu terkenal dengan sebutan Hansip, memegang peranan penting dalam mengamankan TPS sebab hanya anggota Linmas yang boleh berada di dalam area pemungutan suara tersebut.

“Sesuai ketentuan, personel polisi dan TNI tidak diperkenankan berada di dalam TPS. Linmas lah yang kemudian diharapkan bisa menjaga keamanan TPS,” ujarnya.

Sebelumnya KPU juga, akan merekrut petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 25.844 orang untuk pelaksanaan pemilu.

Perekrutan para petugas KPPS itu nantinya akan ditugaskan di 3.691 TPS yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Tahapan rekrutmen KPPS Ini mulai dari 28 Februari hingga 27 Maret sudah tuntas, yakni mulai dari  tahapan pengumuman penerimaan pendaftaraan, penelitian administrasi, pengumuman hasil, masukan dan tanggapan masyarakat, seleksi tertulis dan pegumuman hasil seleksi serta pelantikan KPPS,” tandasnya.(awe/mam)

Komentar

News Feed