oleh

KPU Lelang Logistik Tak Tarpakai, Dapatkan Rp611 Juta 

Kabarmadura.id/Sumenep– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep melelang sebanyak 11.720 kotak suara aluminium yang sudah tidak digunkan lagi. Nilai jual barang tersebut adalah Rp611 Juta yang langsung masuk kas negara.

Sekretaris KPU Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, kotak suara alumunium sudah diserahterimakan pada pada tanggal 30 Januari lalu. Menurutnya, KPU akan menggunakan kotak suara baru dalam proses pilbup nanti.

“Nantinya akan kami lelang semua agar logistik yang menumpuk di gudang KPU bersih dan dapat digunakan logistik yang baru,” katanya, Kamis (13/02/2020)

Dijelaskan, proses lelang tersebut dilakukan secara terbuka melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Harganya disepakati 1.300 per kg. Namun, dapat terlelang Rp15.700 pe rkg. Sehingga, jumlah keseluruhan mencapai Rp611 juta.

Selain kotak aluminium, masih ada beberapa kotak dan bilik yang tidak terlelang, yakni kotak dan bilik terbuat dari kardus. Hal tersebut sudah diajukan pada awal Februari Jumlahnya 6.722.942 denga n rincian kotak suara kardus 21.942 dan  bilik sebanyak 671. Saat ini masih tahap pengajuan izin ke KPU RI.

“Jika disetujui nantinya akan dilakukan pelelangan juga,” ujarnya.

Dia berjanji dalam waktu dekat akan melelang logistik yang masih menumpuk di gudang KPU.  Tujuannya, agar logistik yang baru ada tempat untuk digunakan dan pemilu juga dapat berjalan sesuai harapan.

Lelang kotak suara tak sekali ini saja dilakukan KPU. Tahun lalu, KPU juga melelang seluruh kotak suara yang terbuat dari alumunium. Kotak suara harus dilelang menyusul regulasi yang mengatur transparansi kotak suara. Namun, dia sudah mereka-reka bahwa pilkada tahun 2020 diproyeksikan sabanyak 2.420 TPS dan nantinya bisa mengira berapa kotak suara yang dibutuhkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Harmaji menyampaikan, Logistik di KPU Sumenep sudah dilelang. Hal itu dilakukan agar tidak menumpuk di gudang.

“Kami berharap semua pelelangan sesuai dengan yang diharapkan pemerintah,” pungkasnya.  (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed