KPU Pamekasan Akan Minta Klarifikasi 17 Anggota Parpol Berstatus Ganda


KPU Pamekasan Akan Minta Klarifikasi 17 Anggota Parpol Berstatus Ganda
(KPU PAMEKASAN FOR KM.ID) KOORDINASI: Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Miftahur Rozaq, saat melaksanakan monitoring dan supervisi di Kantor KPU Pamekasan, Sabtu (3/9/2022).

KM.ID | PAMEKASAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan memanggil 17 anggota partai politik (parpol) yang ditemukan berstatus ganda. Mereka akan dimintai klarifikasi langsung di Kantor KPU Pamekasan, Jalan Brawijaya Indah No. 34, Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan, Senin (5/9/2022),  pukul 14.00 WIB.

Komisioner KPU Pamekasan, Moh Amiruddin, menyampaikan, pemanggilan itu bagian dari hasil tindak lanjut verifikasi administrasi (vermin).

"16 anggota parpol berstatus belum jelas tersebut akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Apakah anggota Parpol A atau B?," katanya kepada KM.ID, Senin (5/8/2022).

Apabila yang bersangkutan tidak hadir, lanjut Amir, maka kemungkinan akan berdampak pada parpol terkait. Bisa saja parpol tersebut akan berstatus tidak memenuhi syarat (TMS).

Sementara untuk persoalan nama warga yang diduga dicatut oleh parpol, pihaknya mengaku masih fokus mengatasi masalah anggota parpol yang berstatus ganda.

"Untuk nama warga yang diduga dicatut oleh salah satu parpol masih belum. Nanti saya kabari kalau ada perkembangan," ungkapnya.

Namun, hingga kini, dia masih enggan menyebut nama parpol yang anggotanya masih bermasalah.

Untuk diketahui, KPU Pamekasan akan melaporkan hasil vermin ke KPU Jawa Timur pada tanggal 8 September 2022 mendatang. "Sekarang kami sedang memaksimalkan sisa waktu yang ada," pungkasnya.

Reporter: M. Arif

Redaktur: Sule Sulaiman