oleh

KPU Pamekasan Pastikan Kerusakan Surat Suara Tidak Pengaruhi Distribusi Logistik

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Setelah selesai melakukan sortir lipat surat suara (SS) Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerjunkan tim untuk melakukan pengepakan kembali SS yang sudah melalui tahap sortir lipat, untuk kemudian didistribusikan ke masing-masing TPS di 13 Kecamatan di Pamekasan.

Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah mengatakan, ada sebanyak 3,6 juta surat suara yang nantinya akan didistribusikan ke 3.315 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di wilayahnya.

Namun sebelum didistribusikan ke TPS, Hamzah mengatakan, jika surat suara bersama seluruh logistik pemilu akan lebih dulu didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Sesuai jadwal yang sudah ditentukan, pendistribusian ke tingkat kecamatan itu, akan dilakukan pada H-5 pelaksanaan pemilihan.

“Insya Allah sesuai jadwal tanggal 10 April atau H-5 sudah kita distribusikan ke kecamatan,” katanya Kamis (21/3).

Lebih lanjut Hamzah memastikan, jadwal pendistribusian logistik pemilu ke masing-masing TPS tidak akan terganggu oleh temuan surat suara rusak saat proses sortir lipat. Selain jumlah kerusakan terbilang minim, pihaknya juga memastikan akan mendapat tambahan surat suara baru, untuk mengganti surat suara yang rusak.

“Kita pastikan H-1 pencoblosan logistik sudah sampai di masing-masing TPS,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Pamekasan Sukma Firdaus mengatakan, pengawasan terhadap keamanan logistik pemilu menjadi atensi Bawaslu. Pihaknya mengaku akan mengerahkan seluruh petugas pengawas di masing-masing kecamatan untuk memastikan keamanan logistik hingga hari pencoblosan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan pemilu 2019.

“Pengawasan logistik ini menjadi atensi Bawaslu hingga ke tingkat TPS,” tandasnya. (pin/pai)

Komentar

News Feed