oleh

KPU Pamekasan Temukan 1.471 Surat Suara Rusak

Jumlah SS Pileg DPRD Provinsi Dibawah DPT

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, telah menyelesaikan proses sortir lipat surat suara (SS) pada seluruh segmen pemilu. Berdasarkan data rekapitulasi setelah sortir lipat, ditemukan sebanyak 1.471 SS untuk kebutuhan pemilu pada 17 April dalam kondisi rusak.

Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah mengatakan, 1.471 lembar SS yang rusak dipastikan tidak digunakan pada saat hari pencoblosan nanti. Oleh karenanya, pihaknya telah meminta kepada KPU Provinsi Jawa Timur, untuk segera mengajukan laporan kerusakan SS kepada KPU RI, agar segera diganti oleh pihak percetakan.

Diungkapkan Hamzah, ribuan surat suara yang rusak itu meliputi seluruh segmen pemilu. Baik untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

“Untuk DPRD Provinsi setelah rekap jumlah surat suaranya di bawah DPT di Pamekasan,” katanya, Rabu (20/3).

Lebih lanjut Hamzah menjelaskan, surat suara yang diterima oleh pihaknya sebanyak 3.607.781 lembar. Dari total 3,6 juta lembar SS yang akan disiapkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 707.013 itu, ditemukan sebanyak 1.471 lembar di antaranya dalam kondisi tidak layak pakai.

Adapun perinciannya, dari jumlah surat suara pilpres sebanyak 723.950 lembar, yang rusak dan tidak bisa digunakan sebanyak 223 lembar. Sehingga, surat suara yang baik dan bisa digunakan saat pilpres sebanyak 723.727 lembar.

Kemudian untuk surat suara DPD RI yang rusak sebanyak 235 lembar. Jumlah itu ditemukan dari 708.175 surat suara yang diterima KPU. Sehingga yang bisa digunkan untuk pemilu mendatang sebanyak 707.940 lembar surat suara.

Untuk surat suara, Pemilu DPR RI yang mengalami kerusakan sebanyak 458 lembar dari total surat suara yang diterima KPU sebanyak 752.061, atau hanya ada sebanyak 751.603 surat suara DPR RI yang dalam kondisi baik.

Surat suara untuk Pemilu DPRD Provinsi Jawa Timur ditemukan rusak sebanyak 229 lembar, dari total surat suara yang diterima sebanyak 699.963, atau hanya 699.734 surat suara yang bisa digunakan pada pemilu mendatang.

Terakhir, untuk surat suara DPRD Kabupaten Pamekasan, KPU menemukan sebanyak 326 surat suara yang rusak, dari total 723.632 surat suara yang diterima, atau terdapat sebanyak 723.306 surat suara yang dalam keadaan baik.

“Surat suara yang rusak ini sudah kami laporkan ke pusat untuk segera mendapat ganti surat suara yang baik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi, meminta agar KPU segera melaporkan kekurangan surat suara yang disebabkan akibat rusaknya logistik dari pihak percetakan tersebut. Sehingga, pihak percetakan bisa segera mengganti surat suara yang rusak dengan surat suara yang bagus untuk kesuksesan pemilu.

“Kami akan awasi setiap temuan yang terjadi di lapangan, utamanya tentang logistik pemilu,” tandasnya. (pin/pai)

Komentar

News Feed