oleh

KPU Sampang Libatkan 25 Operator dalam Sistem Penghitungan Suara Pemilu 2019

Kabarmadura.id/SAMPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang merekrut 25 tenaga operator untuk melakukan pemindaian C1 dan input atau memasukkan data formulir tersebut ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019. Mereka diharapkan dapat menyelesaikan input data ke Situng Pemilu 2019 dalam lima hari.

“Mereka akan bekerja selama lima hari dari hari pencoblosan untuk meng-input hasil C1 seluruh TPS di Kabupaten Sampang ke aplikasi Situng KPU,” kata Komisioner KPU Kabupaten Sampang Addy Imansyah.

Ia juga mengatakan bahwa proses memasukkan C1 ke Situng telah dilakukan sejak 17 April setelah rekapitulasi di tiap TPS. Pihaknya juga mengakui bahwa proses pengisian formulir C1 cukup lama di TPS, karena jumlah kartu suara yang harus dihitung dan dilaporkan dengan formulir C1 cukup banyak. Hal tersebut berdampak pada keterlambatan pengumpulan formulir C1 ke KPU Kabupaten Sampang. Sehingga proses input data hasil dan pemindaian seluruh formulir C1 oleh operator juga ikut sedikit terganggu.

“Sejauh ini sudah ada beberapa TPS yang kita unggah, namun ada beberapa yang belum masuk dan masih kita tunggu. Ternyata memang di lapangan banyak kendalanya saat teman-teman KPPS melakukan pengisian atau pengadministrasian C1,” tegasnya.

“Selain itu, karena ini serentak jadi terkadang terjadinya gangguan server dan berjalan lamban,” timpalnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui dapat mengakses hasil pemilu melalui Situng di situs resmi KPU. Pihaknya juga bersyukur pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS pada 17 April berjalan lancar, aman, dan damai. Adapun rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU secara manual dan berjenjang saat ini mulai masuk di tahap atau tingkat kecamatan (PPK).

“Sejauh ini berjalan lancar, dan semua proses sudah berjalan dengan sesuai aturan yang ada,” tandasnya.(awe/pai)

Komentar

News Feed