oleh

KPU Sigap Kembalikan Surat Suara yang Rusak

Kabarmadura.id/SAMPANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mengaku masih kekurangan logistik berupa surat suara (SS) pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Itu diketahui setelah dilakukan proses sortir dan pelipatan SS beberapa waktu yang lalu. Kini dalam proses rekap untuk SS yang rusak tersebut dan mengajukan penambahan logistik.

”Semua SS yang rusak ini nantinya dikembalikan. Itu sebagai bukti untuk diganti sesuai jumlah kekurangannya. Hanya saja jumlah kekurangnya masih sedang direkap,” kata Ketua KPU Sampang Syamsul Mu’Arif.

Ia menjelaskan, mekanisme pengajuan penambahan SS yang banyak rusak itu, KPU selaku penyelenggara pemilu melayangkan surat pemberitahuan dan permohonan kepada KPU Provinsi Jawa Timur (Prov Jatim). Tujuannya, untuk diganti sesuai dengan jumlah kebutuhan di Sampang.

”Kemungkinan dalam waktu dua minggu ke depan ini, pengajuan penambahan kekurangan SS karena rusak sudah terpenuhi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kebutuhan logistisk pemilu untuk Kabupaten Sampang tergolong cukup banyak. Yakni, mencapai 4.196.315 lembar, karena setiap pemilihan dibutuhkan SS sebanyak 839.263 lembar. Itu sudah termasuk cadangan. Sedangkan kotak suara berjumlah 18.155 unit, mengingat setiap pemilihan membutuhkan 3.632 unit.

Adapun pelaksanaan pemilu tahun ini tertanggal 17 Aprail mendatang yang terdiri dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pusat, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

”Untuk jumlah pastinya, kekurangan SS yang diajukan penambahan ini, masih sedang direkap. Nanti kalau sudah final, baru diketahui angka pastinya,” jelasnya.

Sambung Syamsul, untuk proses pendistribusian logistik pemilu itu, akan dilaksanakan pada awal bulan April mendatang. Dalam waktu dekat, KPU akan melakukan proses setting surat suara untuk dimasukkan kedalam amplop dan kotak suara. Semua logistik tersebut nantinya akan dibungkus kantong plastik sebagai pengamanan agar lebih terjamin dan tidak rusak. (sub/nam)

Komentar

News Feed