oleh

KPU Sumenep: Persyaratan Pencalonan Kandidat Lengkap

Kabarmadura.id/Sumenep-Pesta demokrasi di Kabupaten Sumenep mulai ramai menjadi perbincangan di berbagai kalangan. Maklum, sebab proses penetapan calon kandidat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) sudah hampir 100 persen.

Bahkan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (Bacabup-Bacawabup) sudah memenuhi persyaratan. Hal ini diungkapkan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Rahbini, Rabu (16/09/2020).

Menurutnya, belum genap masa perpanjangan waktu, kedua calon sudah siap. Masing-masing Fattah Jasin-KH. Ali Fikri dan Ahmad Fausi- Dewi Khalifah yang sebelumnya tidak memenuhi syarat, saat ini sudah melengking.

“Untuk waktunya sampai besok, tapi hari ini kedua calon sudah melengkapi semua kekurangan persyaratan itu, yakni laporan keuangan dari pengadilan tinggi, seperti yang diminta kemarin,” ujarnya.

Tahapan selanjutnya, Rahbini juga menyampaikan, kedua calon akan segera ditetapkan, termasuk pengundian nomor urut pasangan. Berhubung hanya dua kandidat maka untuk nomor urut hanya disiapkan angka satu dan dua.

Sehingga ketika ditetapkan, kedua calon sudah bisa melakukan pendekatan lebih intens kepada masyarakat. Sedangkan untuk pengawasan dan sebagainya sudah bisa diberlakukan.

“Kalau calon belum ditetapkan, ada persoalan tidak bisa kami rekomendasikan, misalnya abai protokol kesehatan (prokes) dan pelanggaran lainnya. Kalau sudah ditetapkan maka tentunya akan terpantau,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep Imam Syafi’i juga menyampaikan, tahapan pengawasan bisa berjalan jika calon sudah ditetapkan. “Misalnya kami juga bisa pantau aktivitas kampanye, kalau belum ditetapkan kan belum bisa berkampanye,” paparnya.

Sekedar diketahui, saat ini, tahapan pelaksanaan Pilkada Sumenep sudah memasuki tahapan verifikasi. Penetapan pasangan calon dijadwal 23 September, dilanjut dengan pengundian dan pengumuman nomor urut yang akan dilaksanakan pada 24 September 2020. Sedangkan puncaknya, pemungutan dan penghitungan suara di jadwal 9 Desember 2020. (ara/ito)

 

Komentar

News Feed