KPU Sumenep Segera Tetapkan TMS Keanggotaan Parpol Ganda


KPU Sumenep Segera Tetapkan TMS Keanggotaan Parpol Ganda
(KM/IMAM MAHDI) KEJANGGALAN: Jika tidak melakukan klrarifikasi mengenai anggota parpol yang BMS, maka KPU Sumenep akan menetapkan status keanggotaannya TMS.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Hingga jangka waktu terakhir, 8 September 2022, beberapa partai politik (parpol) yang mendaftarkan nama anggota dari parpol lain belum ada yang mengklarifikasi. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep mencatat, terdapat 1.118 anggota parpol yang wajib diklarifikasi karena terdapat sejumlah kejanggalan.

KPU Sumenep juga sudah berkirim surat ke masing-masing LO dan sudah diberikan petunjuk perbaikannya. Namun hingga saat ini Kamis (8/9/2022) pukul 11.00, tidak ada parpol yang datang mengklarifikasi ke KPU Sumenep.

Jika hingga saat ini belum ada, berarti tinggal 1.112 yang tidak jelas keanggotaannya karena mendunkung lebih dari satu partai ya otomatis di-TMS-kan (tidak memenuhi syarat sebagai anggota parpol)," kata Komisioner KPU Sumenep Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Rahbini, Kamis (8/9/2022).

Awalnya, terdata 1.118 orang yang tidak jelas keanggotaannya. Tetapi pada Rabu (7/9/2022), ada 6 orang yang klarifikasi. Sehingga tinggal 1.112 orang. Hingga saat ini ada 9 parpol dinilai belum memenuhi syarat (BMS).

"Dari 24 parpol di Sumenep yang BMS ada 9 parpol, saya belum bisa berikan keterangam 9 parpol itu apa saja," tegas Rahbini.

Persoalan parpol mana yang memenuhi syarat atau tidak, nantinya akan diputuskan KPU RI. Pihak KPU Sumenep hanya memeriksa keanggotaaan parpol mencapai 1.000  orang atau tidak.

Proses tersebut didasari Keputusan KPU RI Nomor 331 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan KPU Nomor 260 Tahun 2022 Tentang Pedoman Teknis bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dalam Pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Setelah KPU Sumenep mengirim hasilnya, akan direkapitulasi KPU pusat. Kemudian KPU pusat merekomendasikan partai dan siapa saja yang memenuhi keanggotaan.

"Kalau tidak memenuhi ambang batas minimal seribu itu, ada masa tahap perbaikan dan penyampaian dokumen persyaratan oleh parpol dari 15- 28 September, kami harap untuk segera dikalrifikasi, mumpung masih ada kesempatan," sarannya.

 

Selanjutnya, pada 29 September hingga 21 Oktober 2022, KPU RI memverifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan. Kemudian pada 1-7 Oktober KPU kabupaten /kota melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan hasil perbaiakan.

Pada 2-4 Oktober 2022, akan menindaklanjuti atas hasil verifikasi administrasi oleh partai politik terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat dari parpol. Pada 5-6 Oktober, KPU kabupaten/kota melakukan klarifikasi secara langsung terhadap parpol yang belum dapat ditentukan statusnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna