KPU Sumenep Tetapkan Fauzi-Eva sebagai Pemenang Pilkada Sumenep

  • Whatsapp
DITETAPKAN: KPU Sumenep Achmad Fauzi-Dewi Khalifah sebagai bupati dan wakil bupati periode 2021-2024.

KABARMADURA.ID,SUMENEP-Komisi pemilihan Umum (KPU) Sumenep resmi menetapkan pemenang hasil Pilkada 2020, Jumat 22 Januari 2021.

Hasil disampaikan dengan format rapat pleno terbuka dengan kandidat Achmad Fauzi-Dewi Khalifah (Ziva) sebagai bupati dan wakil bupati Sumenep.

Pasangan Ziva menang secara sah dan dalam perjalanannya tidak ada perkara yang signifikan.

Turut hadir dalam rapat penetapan pasangan calon Blbupati dan wakil bupati terpilih itu, Komisioner KPU Jawa Timur, Bawaslu, pasangan calon, pimpinan partai pengusung.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten pada 16 Desember 2020 lalu, ditetapkan paslon 1 Fausi-Eva unggul memperoleh 391. 876 suara, sedangkan nomor urut 2, Fattah Jasin-KH Ali Fikri mendapat 296. 676 suara.

“Maka dengan pembacaan basmalah dengan memohon ridha dari yang maha kuasa, maka pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah kita tetapkan sebagai pasangan terpilih,” ucap Ketua KPU Sumenep Abd Warist saat membacakan penetapan , Jumat (22/1/2020).

Pasangan Fauzi-Eva di tempat tetapkan setelah tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Selanjutnya, MK menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Selanjutnya, atas instruksi KPU RI, pasangan calon terpilih ditetapkan pada 22 Januari 2020 . Karena sekurang-kurangnya dalam kurung waktu 5 hari setelah BPRK diterima.

Sementara itu, Ahmad Fauzi selaku nakhoda baru Kabupaten Sumenep menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak-pihak yang terlibat dalam pelakasanaan pesta demokrasi tersebut.

“Dengan kompetisi politik yang kondusif, tentunya tidak lepas dari peran semua pihak, KPU, Bawaslu, TNI, Polri, tim media, dan yang lainnya, saya ucapkan banyak terimakasih,” paparnya. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *