KPU Sumenep Wacanakan Tambah Dapil untuk Pemilu 2024

(FOTO: KM/MOH RAZIN) LOGISTIK: KPU Sumenep berencana memekarkan daerah pemilihan (dapil) yang memiliki keseragaman kultur. 

KABARMADURA.ID | SUMENEP – Pemilihan anggota legislatif pada 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep berencana memekarkan daerah pemilihan (dapil). Untuk langkah pertama, KPU akan menunggu respon dari berbagai pihak.

Ketua KPU Sumenep, A. Warits menjelaskan, untuk mempertimbangkan penambahan dapil itu, ada beberapa kecamatan yang akan dikumpulkan, yakni yang kulturnya mempunyai keseragaman.

”Ini masih tahan perencanaan di internal KPU Sumenep, tetapi memang belum final,” ujar dia, Senin (12/10/2021).

Bacaan Lainnya

Keseragaman kultur yang dimaksud adalah mempunyai keterkaitan. Misalnya dalam perubahan itu, kecamatan yang ada pantainya disatukan. Kecamatan di pesisit itu seperti Kecamatan Pragaan, Bluto dan Gili Genting. 

Menurut A. Warits, contoh yang kurang selaras seperti perpaduan Kecamatan Pragaan gabung dengan Kecamatan Guluk-Guluk dan Ganding. Dapil lain misalnya, Kecamatan Gapura, Dungkek Batang-Batang. Juga termasuk Kecamatan Batuputih, Manding dan Rubaru menjadi dapil baru.

“Karena secara kultural Kecamatan Manding itu bukan lebih dekat ke kota tetapi ke daerah utara,” imbuhnya.

Perubahan itu bertujuan juga agar pembangunan itu lebih tertata, sehinggga capaainnya lebih mudah dan efektif. 

“Tetapi meski sudah ada tambahan dari semula 7 direncanakan 8 dapil, tetapi masih disampaikan tadi itu masih rencana. Butuh persetujuan semua pihak termasuk seluruh partai politik,” papar dia.

Sekadar diketahui, jumlah dapil berdasarkan KPU Sumenep adalah 7. dan alokasi kursi tidak ada perubahan tetap 50. Tetapi untuk alokasi pergeseran kursi masih belum dirancang untuk perubahan nanti. 

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.