oleh

Kualitas Caleg Dibenamkan Patron Tokoh

Kabarmadura.id/SAMPANG-Kontestasi politik perebutan kursi parlemen di Kabupaten Sampang, memunculkan calon wakil rakyat dari berbagai kalangan. Namun, kondisi tersebut dianggap hanya melengkapu komposisi kekuasan tertentu untuk mengantarkan calonnya duduk di kursi legsilatif.

Menurut praktisi hukum Arman Syahputra, Kabupaten Sampang hingga kini masih dipenuhi dengan kekuatan patron ketokohan. Salah satu faktor tersebut mampu memberikan pengaruh dalam setiap kontestasi politik.

“Bukam hal baru kalau keberadaan tokoh di Kabupaten Sampang masih menjadi penentu kebijakan perolehan suara di parlemen Sampang,” katanya kepada Kabar Madura.

Dengan kondisi tersebut, kualitas wakil rakyat yang akan datang, diyakini jauh lebih rendah dibandingkan lima tahun yang lalu. Terlebih, banyak bermunculan calon menjadikannya sebagai kesempatan aji mumpung.

“Maka jangan heran kalau wakil rakyat yang akan datang kualitasnya kurang maksimal, masyarakat sebenarnya sudah paham dengan calon yang diunggulkan, terlebih unggul karena finansial dan siapa tokoh yang berada di belakangnya,” tambahnya.

Salah satu advokad muda Sampang itu juga menjelaskan, bahwa keberadaan partai di Kabupaten Sampang terbenam kekuatan tokoh, sehingga mampu membolak-balikkan peta kekuatan di Kabupaten Sampang.

“Masyarakat lebih memilih calon dari tokoh yang dimunculkan, bukan siapa partai yang mengusung calon yang ada,” imbuhnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat di Kabupaten Sampang membuka jendela pengetahuan wakil yang rakyat yang akan dipilih untuk menjadi wakil rakyat, sehingga dapat memunculkan kualitas yang mempuni dari calon yang terpilih.

“Masyarakat sebenarnya paham dengan kompetensi calon yang ada disetiap daerah pemilihan masing-masing,” harapnya. (awe/waw)

Komentar

News Feed