oleh

Kuliah Online, AQ Bocorkan Kebijakan Pemerintah Siapkan Bantuan untuk Mahasiswa

Kabarmadura.id-Dampak wabah Covid-19 di Indonesia sangat besar. Salah satunya berimbas terhadap pendidikan. Imbauan pemerintah untuk menekan mobilitas, bahkan sejumlah daerah menerapkan pembatasan social berskala berar (PSBB), mengakibatkan proses belajar mengajar dilakukan secara online.

Pembelajaran berbasis online itu tidak terbatas bagi pelajar yang sudah mengerti atau terbiasa dengan teknologi, seperti sekolah menengah pertama (SMP) se-derajat, sekolah Menengah atas (SMA) se-derajat, dan perkuliahan. Begitu juga dengan proses belajar di pendidikan tingkat sekolah dasar (SD) yang harus melakukan pembelajaran dari daerah masing-masing.

Dalam kondisi genting seperti ini, terdapat beraneka macam penerapan pembelajaran dari jarak jauh. Salah satunya melakukan kelas room yang menggunakan media seperti WhatsApp (WA), Zoom, dan sebagainya. Media tersebut bakal menghabiskan paket internet.

Dalam konteks tersebut, Tokoh Nasional asal Madura Achsanul Qosasi menceritakan, telah melakukan webinar dengan satuan pengawas internal di perguruan tinggi negeri se-Indonesia, Minggu (10/5/2020).

Dalam pembahasan itu, pria yang menjadi Pimpinan Badan Pengawas Keuangan (BPK) Republik Indonesia  (RI) itu juga mendiskusikan soal beban mahasiswa yang harus melakukan perkuliahan online.

“Hari Minggu, saya melakukan webinar dengan seluruh SPI (Satuan Pengawas Internal) di perguruan tinggi negeri se-Indonesia. Covid-19 ini juga mempengaruhi proses belajar mengajar, termasuk beban siswa yang nambah untuk pulsa agar bisa kuliah online,” kata pria yang familiar disapa AQ ini, Minggu (10/5/2020) siang.

Di samping itu, pria asal Kecamatan Lenteng, Sumenep tersebut juga membocorkan, pemerintah akan menyediakan bantuan dari beban tersebut. Namun, bantuan tersebut bakal melalui perguruan tinggi negeri (PTN), tidak secara langsung ke setiap mahasiswa.

“Pemerintah akan menyediakan bantuan untuk hal tersebut melalui PTN,” sambungnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed