oleh

Kunci Kesuksesan Musyaffak Sebagai Wisudawan Terbaik di IAIN Madura

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Ahmad Musyaffak,M,Pd. dinobatkan sebagai wisudawan terbaik di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dia sudah menjalani pahit getirnya perjuangan sebagai seorang mahasiswa. Namun yang berkesan dari segala proses panjangnya ialah IAIN Madura sudah memberikan didikan secara intelektual dan Spiritual. Kemungkinan besar tidak bisa diperoleh di kampus lainnya.

“IAIN tidak hanya memberikan pencerahan intelektual, melainkan  juga spiritual, ini yang sungguh bisa merubah perubahan hidup saya,” ungkapnya, senin (22/10/2020) saat memberikan sambutan perwakilan mahasiswa pada prosesi wisuda Sarjana yang ke 28 dan magister ke 8 di Auditorium IAIN Madura.

Tantangan dalam menuntaskan pendidikan di IAIN sungguh sangat berliku. Pasalnya ia berasal dari keluarga prasejahtera. Namun hal itu tidak menjadi pembenaran bagi seorang Musyaffak, tetapi menjadi pelecut semangat untuk terus meningkatkan kapasitas keilmuannya.

“Orang tua saya sangat memotivasi saya, jujur saya kuliah itu tidak punya sepeda, tidak punya laptop, saya pinjam ke kakak saya, pagi kakak ngajar, sore saya pinjam untuk kuliah, begitu pula laptopnya,” paparnya usai proses wisuda selesai.

Anak dari seorang ibu Yummah dan seorang ayah Subairi, menjadi kunci suksesnya bisa menuntaskan kuliah 1,5 tahun. Sehingga dinobatkan sebagai wisudawan terbaik. Disiplin belajar setiap hari, serta mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen menjadi kunci menuju kesuksesannya.

“Kunci sukses adalah dengan menghargai waktu, jadi setiap hari tidak ada waktu kosong untuk belajar, apalagi ketika bimbingan tesis, saya harus setiap hari menghadap pembimbing untuk menyelesaikannya,” urainya.

Pria  kelahiran Pamekasan 16 Agustus 1994 berharap IAIN terus bisa bersaing di kancah Nasional dan Internasional, utamanya para alumni bisa mewarnai dari setiap lini kehidupan masyarakat. “Semoga IAIN Madura bisa mempunyai kerjasama yang luas. Sehingga para mahasiswanya, dan alumninya memiliki kompetensi yang luar biasa, agar bisa bersaing di nasional dan internasional,” pungkasnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed