oleh

Kunjungi Pamekasan, Arumi Bachsin Bareng Nayla Baddrut Tamam KampanyekanGemarikan

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19 didaerah rawan pangan dan stunting. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak.

Kegiatan itu juga dibarengi dengan memberikan penyerahan bantuan kepada masayarakat, Selasa (28/7/2020). Terdapat 150 penerima bantuan dariwilayah stunting dan rawan pangan di seluruh wilayah Pamekasan.

Arumi tiba di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan sekitar pukul 09.00. Di lokasi tersebut sudah disambut oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pamekasan Nayla Baddrut Tamam dan istri wakil bupati Pamekasan Yuni Rajae.

Setelah itu, dilanjutkan degan pertemuan sejenak di ruang pringgitan pendopo.Dalam pertemuan itu, tampak Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan Totok Hartono dan Kepala Dinas Kelautan dan Dinas Perikanan Jawa Timur Muhammad Gunawan Saleh, sertabeberapa kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) lainnya.

Sekitar satu jam ramah tamah di ruangan, Arumi bersama rombongan bergeser menuju PendopoKecamatan Tlanakan. Di lokasi tersebut, Arumi menyambangi sejumlah stan yang menyajikan berbagai hasil olahan ikan.

Bahkan, istri dari Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak itu cukup tertarik dengan sejumlah produk olahan ikan tersebut. Dia tidak segan-segan membelinya dalam jumlah banyak.

Kehadiran selebriti itu cukup menarik perhatian masyaarakat. Banyak dari mereka yang meminta foto bareng mantan pesinetron itu. Termasuk para pelaku usaha olahan ikan yang meminta foto bareng sebagai ajang promosi produknya.

Setelah puas berkeliling, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah di pendopo kecamatan. Dalam ramah tamah itu, dimulai dengan penyampaian sambutan dari Nayla Baddrut Taman yang juga ketua Forikan Pamekasan.

Sebelum Arumi menyampaikan sambutannya, dilaksakan kegiatan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat setempat.

Dalam Sambutannya, Arumi Bachsin mengatakan, tujuan dilaksanakan kampanye itu dalam rangka menstimulasi kesehatan gizi anak-anak di wilayah rawan stunting dan pangan.Harapannya, setiap tahun trennya semakin baik.

Ketua TP PKK Jatim itu juga menjelaskan, mengkonsumsi ikan sangat bagus untuk perkembangan otak, sebab kandungan DHA-nya  hanya ada di ikan yang jarang ditemukan pada lauk lainnya.

“Konsumsi ikan itu sangat banyak pilihannya, hal ini bisa memudahkan masyarakat kalau yang bisa membeli ikan sesuai dengan seleranya, kalau masyarakat yang kurang mampu bisa membeli ikan dengan standart gizinya yang baik dengan membeli ikan harganya yang lebihmurah,”terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Pamekasan Nayla Baddrut Tamam mengatakan, dalam kondisi wabah Covid-19, rasa semangatnya tetap bergelora dalam mengurangi angka stunting dan mendorong masyarakat untuk gemar memakan ikan.

Disadarinya, penekanan angka stunting masihperlu perhatian khusus, sebab pada tahun 2019, angkanya berkisar di 17,75 persen, namun itu lebih kecil dibanding tahun 2018 yang mencapai 26,67 persen.

“Terima kasih kepada ibu Arumi yang ikut andil mensukseskan acara ini. Kami akan mendorong para warga Pamekasan untuk gemar makan ikan,” pungkasnya.(rul/waw)

 

Komentar

News Feed