Kuras Rp800 Juta, Legislator Akhiri Periode dengan Pelesir ke Jakarta 

  • Whatsapp
KUNJUNGAN: Anggota DPRD Bangkalan yang berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu.

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Menjelang berakhirnya periode anggota legislatif, mereka pelesir ke Jakarta dengan mengatasnamakan kunjungan kerja (kunker). Tidak tanggung-tanggung, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp800 juta lebih.

Sebagaimana diketahui. masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan ini tinggal hitungan pekan. Pada akhir bulan Agustus nanti, sebagian anggota dewan ini akan lengser dan sebagian lagi berlanjut.

Hal itu dibenarkan Sekretaris DPRD Bangkalan Setiadjit. Ddikatakan, pelesir para wakil rakyat ke Jakarta ini dalam rangka kunker. Setiadjit menyebut, kunker sendiri ini merupakan agenda rutin dari dewan.

“Kemarin, kunker anggarannya sekitar, rinciannya berapa ya, sepertinya kurang lebih Rp800 juta berapa gitu, itu untuk keseluruhan anggota dewan yang mengikuti yakni di empat komisi dengan pendampingnya di masing-masing komisi,” paparnya, Kamis (18/7).

Kunker tersebut, merupakan salah satu tugas komisi dalam rangka sebagai bahan evaluasi kepada masing-masing mitranya.

“Setiap akhir bulan kan, ada evaluasi di masing-masing komisi dengan mitranya. Lha, kunker ini berfungsi sebagai bahan masing-masing komisi jika ada evaluasi dengan mitranya. Seperti contohnya pendapata asli daerah (PAD). Jika organisasi perangkat daerah (OPD) mengelak, tidak bisa. Dewan punya pegangan bahwa di tempat lain bisa,” jelasnya.

Kunker sendiri, masih menurut Setiadjit, berlangsung selama 4 hari di Jakarta. Sebelum kunker ke Jakarta, anggota legislatif ini telah mengunjungi beberapa daerah. Daerah yang wajib dikunjungi haruslah yang lebih maju dari Bangkalan. Sebelumnya, kunker telah dilakukan di beberap daerah, seperti Kota Batu, Pasuruan dan Kota Mojokerto.

“Berangkatnya hari Senin malam kemarin, hari ini (Kamis, red) mereka sudah pulang,” tuturnya.

Selain kunker ke Jakarta, pada akhir bulan ini juga, rombongan dewan juga akan melakukan kunjungan dalam rangka Pansus Ripparkab.

“Kunker ini seperti study banding,” punkasnya. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *