oleh

Ladang Pendapatannya Dipindah, PKL CFD Kecewa

Kabarmadura.id/Sampang-Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mencari nafkah di area Care Free Day (CFD) Taman Wijaya Kusuma, mengaku kecewa lantaran lading pendapatan mereka dipindah. Pasalnya, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, memberlakukan sistem rolling atau pindah lokasi CFD yang selama ini menjadi lading pendapatan PKL.

Akibatnya, pendapatan para PKL yang di lokasi Jalan Wijaya Kusuma menurun drastis. Sebab, lokasi yang mereka tempati mendadak sepi, lantaran area CFD dipindah ke tempat baru, yakni di Pasar Margalela, serta area Monomun Trunojoyo Sampang.

Ketua Paguyuban PKL Istighfaroh menyampaikan, dengan kebijakan rolling lokasi CFD itu, pendapatan PKL menurun. Selain lokasi CFD yang baru cukup jauh dari Jalan Wijaya Kusuma, lokasi CFD yang baru juga banyak lalu lalang kendaraan, padahal seharusnya kegiatan CFD bebas dari kendaraan bermotor dan bebas polusi udara.

“Saya kecewa dengan dipindahkan ke tempat baru ini (Pasar Margalela, red), karena masih ada lalu lalang kendaraan bermotor, omset penjualan juga menurun,” keluhnya, Minggu (5/1/2020).

Istighfaroh juga menyampaikan, selain masih ramainya kendaraan bermotor yang berlalu lalang, lapak jualan para PKL di lokasi CFD yang baru juga tidak tertata dengan baik. Akibatnya, para pengunjung masih kebingungan mencari menu yang disajikan PKL.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mempertanyakan ketegasan pemerintah yang masih membiarkan beberapa PKL berjualan di area Jalan Wijaya Kusuma, padahal lokasi CFD di Pasar Margalela sudah dilaunching.

“Saya sangat kecewa dengan ketidakkonsistenan itu, karena menimbulkan kesalahpahaman antar PKL”

Lanjut Istighfaroh, jika pemerintah tetap membiarkan ada PKL yang berjualan di area Jalan Wijaya Kususma, maka pihaknya juga tidak akan mau dipindah ke tempat CFD yang baru.

“Jika tetap dibiarkan kami tidak akan pindah jualan ke Pasar Margalela dan tetap berjualan di area Jalan Wijaya Kusuma minggu depan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Aji Waluyo menyampaikan, pihaknya sengaja melakukan rolling lokasi CFD setiap minggu, untuk meramaikan Pasar Margalela yang selama ini masih sepi.

Pihaknya menegaskan, kebijakan rolling lokasi CFD itu bersifat sementara. Dengan artian, lokasi CFD akan berpindah setiap minggu. Dirinya sangat meminta maaf kepada para PKL, jika kebijakan itu berdampak pada omset pendapatan.

“Lokasi CFD ini bukan dipindah, tetapi gantian setiap minggunya, ini sesuai hasil rapat sama PKL,” tutupnya. (km49/pin)

 

Komentar

News Feed