Ladang Pengabdian Masyarakat, Uniba Madura Lakukan Pendampingan BUMDes Aengmerah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/TAUFIQ HIDAYAT) MENGAWAL: Bantuan berupa penggilingan beras yang diterima oleh Bumdes Amer Jaya akan terus dipantau hingga bisa difungsikan.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Dalam rangka tridarma perguruan tinggi tentang pengabdian kepada masyarakat, Universitas Bahaudin Mudhary Madura (Uniba) melakukan pendampingan di Desa Aengmerah Kecamatan Batuputih. Pendampingan itu dikhususkan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) desa tersebut.

Koordinator Pendamping Pelaksanaan Desa Berinovasi Uniba Madura Nurlaily menjelaskan, adanya keterlibatan kampus bertagline Tera’ Ta’ Adamar itu bukan lantas mencari-cari kesalahan dalam proses pencairan dan penggunaan anggaran desa. Namun lebih kepada pengabdian kepada masyarakat.

“Bantuan yang diperoleh Bumdes Amer Jaya apakah sudah sesuai dengan RAB yang diajukan. Karena dari kami selaku tim pendamping Uniba sejak awal melakukan pendampingan mulai perencanaan sampai bantuan ini terealisasi dan sampai difungsikan, kelanjutan bantuan ini juga bakal didampingi sekaligus sebagai sarana pengabdian Uniba,” kata perempuan berparas ayu yang saat ini sebagai dosen aktif di Uniba itu, Selasa (23/11/2021).

Dikatakannya, bantuan sebesar Rp99 juta terbagi menjadi dua termin. Bantuan berupa mesin penggiling padi itu untuk meningkatkan Bumdes Aengmerah. Bantuan itu harus dikawal sampai tuntas, sampai bantuan itu dapat berfungsi secara maksimal.

“Monitoring yang dilakukan bersama ini tidak ada temuan, cuma keterlambatan realisasi, namun sudah diajukan perpanjangan hingga itu sudah aman,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bumdes Amer Jaya Ahmad Syuib mengaku sangat apresiasi terhadap peran dan bantuan Uniba selama ini. Dalam proses hingga bantuan itu bisa sampai dengan mudah tentu tidak lepas dari peran dari Uniba.

“Sehingga itu menjadi penyemangat dan komitmen kami untuk memanfaat bantuan ini, tentunya sangat membantu dan efektif, bantuan mesin ini sangat memudahkan proses produksi dalam hal ini produksi beras,” papar dia.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *