oleh

Lahan Terminal Trunojoyo Direncanakan Perluasan RTH

KABARMADURA.ID, Sampang -Kebutuhan ruang terbuka hijau (RTH) di Sampang masih belum mencapai target 30 persen. Tercatat saat ini  masih terealisasi 19.6 persen. Sementara untuk memenuhi kekurangan itu mewacanakan Terminal Trunojoyo untuk dijadikan RTH.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Yulis Juwaidi mengatakan, Terminal Trunojoyo akan dipindahkan. Sebab, lokasinya sudah tidak layak untuk dijadikan terminal karena lokasinya berada di pusat kota.

Perpindahan terminal tersebut saat ini masih dalam proses. Nantinya, lokasi terminal yang lama akan dijadikan RTH.

“Nanti itu akan dijadikan taman, untuk memenuhi ruang terbuka hijau kita,” ungkapnya, Senin (12/11/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Konservasi Rehabilitasi Lingkungan dan pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang Imam Irawan mengatakan, kebutuhan RTH diakuinya masih kurang. Untuk itu di wilayah perkotaan pihaknya menargetkan 30 persen.

RTH tersebut dibagi menjadi dua kategori yakni RTH publik dan privat. Untuk yang privat ditargetkan 10 persen dari luas wilayah perkotaan, namun sudah terpenuhi. Sedangkan untuk publik saat ini masih tersedia 9.6 persen dari luas wilayah kota, sehingga setiap tahun ditarget 0.7 persen untuk bisa tercapai.

“Publik memang masih kurang makanya setiap tahun kami menargetkan 0.7 persen,” tuturnya.

Dikatakannya, terkait terminal yang akan dijadikan taman kota memang sempat direncanakan oleh Bupati Sampang. Akan tetapi kepastian mengenai persoalan tersebut belum jelas. Sebab, masih belum ada tembusan pemberitahuan kepada pihaknya.  Selain itu, untuk desain dan anggaran yang dibutuhkan pihaknya belum bisa memprediksi karena masih sebatas wacana.

“Kalau terwujud jelas akan mempercepat kerja kami untuk memenuhi RTH,” pungkasnya. (mal/mam).

Komentar

News Feed