oleh

Lama Menunggu, Akhirnya Pelebaran Sungai Sarokah Bakal Terwujud

Kabarmadura.id/Sumenep-Proyek pelebaran sungai Saroka yang sudah lama direncanakan akhirnya menemui kejelasan. Proyek tersebut ini sudah mulai masuk tahap pelelangan. Proyek dengan anggaran Rp1 miliar itu saat ini menunggu proses lelang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA) Sumenep, Chainur Rasyid, mengatakan, Proyek Sungai belum terlaksana. Tetapi, saat ini sudah proses lelang. Setelah itu dalam waktu dekat akan cepat terlaksana.

“Proyek pelebaran sungai Sarokah saat ini masih belum dikerjakan, namun sudah proses lelang. Proses lelang dipastikan selesai akhir bulan Juli, setelah itu dapat dikerjakan,” katanya, Senin (13/7/2020).

Ia berharap semoga pelelangan cepat selesai dan dapat dikerjakan. Sehingga, mampu menampung air agar tidak terjadi banjir ketika musim hujan.

“Kami terus mengupayakan pembangunan sungai agar pelaksanaan proyek sungai dapat terealisasi dengan baik,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Waduk Sungai Pantai Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Sumenep Noer Lisal Ambiyah mengatakan, perencanaan proyek tersebut sudah dilakukan pada akhir tahun 2019 dan akan direalisasikan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020.

Harapannya, pelebaran sungai dapat membantu dan meminimalisir terjadinya banjir di Kota Sumenep dan kabupaten lainnya.

“Kami sudah bersinergi dengan OPD lainnya terkait pelebaran sungai ini. Masyarakat juga penting dilibatkan dalam hal pemeliharaan sungai ketika selesai nantinya,” tukasnya.

Sementara itu, sekretaris Komisi III DPRD Sumenep M. Ramzi terus berusaha mendorong percepatan pelebaran sungai Sarokah. Tujuannya, untuk mempermudah atau menampung air yang lebih banyak ketika musim hujan. Jika tidak kunjung teraliasi, dirinya berjanji akan memanggil dinas terkait.

“Ini kebutuhan masyarakat, maka perlu didorong bersama untuk cepat dikerjakan. Sehingga, pada waktu musim hujan dapat menampung air, agar tidak meluap,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed