oleh

Lambannya Pendistribusian Bantuan Karena Tower Desa tidak Berfungsi

Kabarmadura.id/Sampang-Ketua Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, menyebut lambannya pendistribusian bantuan karena tower desa tidak berfungsi, sehingga berakibat pada updating data.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sampang Moh. Iqbal Fathoni mengatakan, pihaknya telah melakukan pemanggilan teradap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Sampang, untuk mempertanyakan terkait kondisi tower desa.

Hal itu didasari dari temuan tower 67 desa tidak berfungsi, dan ini berakibatkan pada lambannya pendistribusian bantuan pada masyarakat.

“Tower desa ini berakibat pada data yang ada di lapangan tidak terupdate, jadi ini merembet ke pendistribusian bantuan,” ungkapnya, Senin (13/7/2020).

Dirinya menilai, selama ini Kepala DPMD Sampang tidak serius dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai abdi negara. Terbukti, saat memenuhi panggilan DPRD, Kepala DPMD Sampang tidak membawa data di tiap-tiap desa yang dipasangi tower.

Padahal persoalan tower itu sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Pemerintah bisa memperbaharui data di desa melalui tower tersebut. Untungnya, tower-tower yang tidak berfungsi ini akan diselesaikan pada akhir Juli mendatang.

“Jika tidak ada pembaruan data ya seperti sekarang ini, setiap ada bantuan pasti jadi masalah terbesar di data,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Sampang Malik Amrullah saat dikonfirmasi mengatakan, pemasangan tower desa di tahun 2019 sudah selesai, hanya saja untuk sisanya itu masih proses.

Adapun desa di Kabupaten Sampang sebanyak 180 desa, dan sisa 113 ini sudah sebagian selasai dan sebagian masih proses, sebab ada bebapa alat, seperti alat penguat jaringan yang belum terpasang.

“Pengerjaanna itu tergantung dana yang masuk. Namun, Insyaallah akhir Juli ini sudah selesai semua,” pungkasnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed