Lapas Umum di Pamekasan Overload, Jumlah Napi Dua Kali Lipat dari Kapasitas Normal

(KM/FATHOR RAHMAN) MINIM: Fasilitas ruang tahanan di Lapas Kelas II A Pamekasan terbatas; menampung napi dua kali lipat dari kapasitas normal.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -memebeludaknya jumlah warga binaan di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas llA Pamekasan menyebabkan overload. Bahkan, jumlahnya mencapai 200 persen dari kapasitas normal.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP) Lapas Kelas IIA Pamekasan, Leksono Novan. Dia mengatakan, kapasitas normal bangunan lapas tersebut hanya 670 orang.

“Kalau kapasitas bangunan hanya 670 orang. Namun karena ini lapas umum, banyak warga binaan di sini,” terangnya, Kamis (23/6/2022).

Dia menegaskan, saat ini jumlah warga binaan di tempat tersebut sebanyak 1.210 orang. Sehingga dalam setiap sel harus berdesakan antar napi satu dengan yang lainnya.

“Per hari ini jumlahnya sebanyak 1.210 orang. Sehingga dua kali lipat dari kapasitas yang seharusnya,” ungkapnya.

Akibat kapasitas berlebih tersebut,  memicu kualitas kebersihan di tempat itu menurun, akibat banyaknya warga binaan.

“Tentu banyak dampaknya, salah satunya kesehatan. Karena ruang yang sempit dihuni oleh banyak orang tentu membuat berdesakan dan sesak,” terangnya.

Meski begitu, dia mengaku telah menyediakan fasilitas kesehatan yang dilengkapi oleh petugas medis. Sehingga, saat warga binaan sakit, tetap mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Dia menjelaskan, saat ini bangunan lapas kelas IIA Pamekasan memiliki 392 ruang kamar. Dia mengaku, bangunan tersebut merupakan bangun sejak zaman Belanda dan belum dilakukan penambahan bangunan.

“Karena ini sisa zaman Belanda, maka banyak ruangnya yang kecil. Jadi per ruang kapasitasnya hanya 1 hingga 2 orang saja,” tuturnya.

Namun kapasitas tiap kamar di lapas tersebut berbeda satu sama lain. Hanya saja didominasi oleh ruang kecil.

“Kalau di beberapa blok memang kamarnya kecil namun jumlahnya banyak. Ada juga seperti di blok H dan F jumlah kamar hanya 6 hingga 10 kamar. Sedangkan di blok lain bisa mencapai 85 kamar hingga 90 kamar per bloknya,” pungkasnya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.