oleh

Laporan Keuangan Dua Paslon Pilkada Sumenep Belum Penuhi Syarat

Kabarmadura.id/SUMENEP-Persyaratan dua pasang bakal calon bupati dan wakil bupati (bacabup-bacawabup) Sumenep, belum sepenuhnya lengkap saat mendaftar. Kekurangan persyaratan itu terkait administrasi berupa laporan keuangan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Rahbini menyampaikan, untuk hasil tes kesehatan yang dialkukan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Ramelen Surabaya, kedua calon (Fattah Jasin-KH. Ali Fikri dan Ahmad Fausi-Dewi Khalifah) telah memenuhi persyaratan.

Setelah berkas-berkas persyaratan calon sudah mulai diverifikasi, disampaikan secara terbuka ke publik. Hasilnya, berkas kedua calon masih ada kekurangan persyaratan.

“Hasil verifikasi kan disampaikan tanggal 12, kalau (tes) kesehatan, keduanya memenuhi persyaratan, tapi masih ada persyaratan lain yang harus dilengkapi. Kedua calon dengan wakilnya sama-sama kurang memenuhi persyaratan,” katanya, Minggu (13/9/2020).

Keduanya masih diberikan kesempatan empat hari untuk melengkapi kekurangan tersebut. Sebab, dia juga menyampaikan, berdasarkan calon yang mendaftar, sudah final yang akan bertarung untuk menjadi orang nomor satu di Kota Keris ini terdiri dari dua pasang.

Toleransi waktu selama empat hari untuk melengkapi persyaratan tersebut, menjadi hak prioritas calon, imbuh Rahbini, yang terpenting sudah disampaikan, sebab jika sudah tidak memenuhi syarat, maka bisa digugurkan.

“Terhitung mulai tanggal 14 besok, kami memberikan kesempatan atau perpanjangan waktu untuk melengkapi dalam jangka waktu empat hari lagi,” imbuhnya.

Kekurangan persyaratan yang dimaksud adalah, kedua calon dan wakilnya tidak melengkapi administrasi berupa laporan keuangan yang direkomendasikan pengadilan tinggi (PT) atau pengadilan niaga.

“Surat tersebut berupa pernyataan tidak pernah mempunyai utang atau bangkrut yang suratnya dikeluarkan dari PT atau pengadilan niaga. Dan yang harus diperbaiki juga, tidak sesuainya nomer NIK di form BP1 dan BP2 KTPL,” paparnya.

Saat ini, tahapan pelaksanaan Pilkada Sumenep sudah memasuki tahapan verifikasi. Penetapan pasangan calon dijadwal 23 September, dilanjut dengan pengundian dan pengumuman nomor urut pada 24 September 2020. Sedangkan puncaknya, pemungutan dan penghitungan suara dijadwal 9 Desember 2020. (ara/waw)

Komentar

News Feed