oleh

Latar Belakang Mentereng Sosok Fajarussalam, Pejabat Satpol PP yang Sangat Peduli Pertanian

Kabarmadura.id/Sumenep-Fajarussalam namanya, kini menjabat sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep. Pria satu ini lahir 13 September 1964 di Kepulauan Sumenep, tepatnya Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep. Kondisi kepulauan yang serba terbatas, justru melahirkan terkad bulatnya untuk mengejar cita-cita.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Bertekad bahagiakan orangtuanya, juga sudah dicita-citakan sejak kecil. Itulah yang membuatnya tidak henti membantu orangtua untuk mengabdi. Anak kepulauan satu ini, tidak mengubah sifat pedulinya saat menata karir.

Semenjak remaja, dia mulai suka buat masyarakat bahagia. Alasannya, tanpa bermanfaat untuk orang lain justru membuat hidupnya tidak berati.

“Saya orang pulau yang ingin terus melayani masyarakat untuk mempermudah orang lain, dengan mempermudah pasti akan dipermudah juga oleh orang lain,” katanya, Selasa (8/9/2020).

Kesukaannya bercocok tanam sejak kecil, baik padi mapun sayuran dan tanaman lainnya, membuatnya tidak henti peduli terhadap pertanian kendati sudah mengabdi sebagai PNS. Hal itu dia tampakkan ketika menggerakkan kelompok tani di daerahnya agar bisa mendapat bantuan  benih.

“Membantu sesama adalah bekerjaan mulia,” ujarnya.

Sejatinya, separuh dari perjalanan karirnya dihabiskan di Kabupaten Malang. Bahkan, sebelumnya juga sudah kuliah di Kota Malang, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Malang.

Di kabupaten yang beribukota Kepanjen itu, Fajarussalam mulai mengabdi sebagai PNS di Departemen Kehutanan (Dephut).

Pertama kali masuk Dephut, ditugaskan sebagai koordinator staf pada proyek Kali Konto ATA 206, proyek pertanahan daerah DAS Konto hasil kerja sama Departemen Perhutanan (Dephut) RI dengan Dephut Kerajaan Belanda. Pengabdian itu djalaninya mulai 2 Juni 1983 hingga April 1991.

Kemudian pada 15 April 1991 hingga 15 April 1994, dia berpindah tugas sebagai staf pereancanaan P3RP DAS Brantas Malang. Pada 15 April 1994 hingga Maret 2001 menjadi Staf Perencanaan dan Pelaporan Dinas Perhutanan dan Konservasi Tanah (DPKT) Kabupaten Malang.

Karirnya di Sumenep dimulai pada Maret 2001. Diawali memjadi staf bidang Kehutanan Dinas Kelauatan dan Perkebunan Kabupaten Sumenep hingga April 2012. Selanjutnya berpindah tugas dengan menjabat kasi Pendaftaran dan Penelitian Izin Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu (BPPT) Sumenep hingga Maret 2014.

Pada 25 April 2015 hingga 17 Januari 2017, dia mengemban jabatan barunya sebagai kabid Linmas Bakesbangpol Sumenep. Kemudian dilanjutkan mengemban tugas Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sumenep pada 17 Januari 2017 hingga 2 Agustus 2018.

Tugasnya di DPMPTSP Sumenep kemudian dijalani  menjadi kabid penanaman modal pada 2 Agustus 2018 hingga 6 Januari 2020. Sejak Januari 2020 hingga saat ini menjadi Sekretaris Satpol PP Sumenep.

Menurutnya, jabatan yang diembannya saat ini bukan tanpa resiko, oleh sebab itu, Fajarussalam mengajak jajaran petugas Satpol PP Sumenep untuk lebih meperhatikan dan memahami kinerja regulasi tugas dan fungsi institusi serta meniatkan pekerjaan untuk ibadah dan melayani masyarakat.

“Saya ingat dan ditanamkan pada diri adalah jaga idealisme, kejujuran integriras yang tinggi,” ujar dia. (waw)

NAMA: FAJARUSSALAM

LAHIR: 13 September 1964

ORANGTUA: Subhan (alm) pensiunan Diknas dan Hj. Kartiniyah

ISTRI: Dwi Rahayu Lestari

ANAK: Aida Fajariana Prikarti Salam dan Putra Fachry Dwi Prohanto Salam

 

PRESTASI

  • Menjadi pembimbing dan pendamping Kelompok Tani Sumber Makmur, Dampit, Malang dalam meraih juara 1 Lomba Kelompok Tani  Hutan Rakyat dan Konservasi Tanah Tingkat Nasional yang penghargaan piala dan uang pembinaannya diserahkan oleh Presiden Suharto dalam Acara Puncak Pekan Penghijauan Nasional di Gunung Nona, Ambon, Maluku tahun 1994.
  • Saat menjadi Kabid Penanaman Modal DPMPTSP Kab. Sumenep, menghantarkan juara 1 stand terbaik tingkat nasional pada Pameran Investasi perdagangan dan pariwisata BIATTEC EXPO di Bandung.

PENDIDIKAN

*SDN Gayam II Sepudi, lulus 1976

*SMPN 1 Sumenep, lulus 1980

*Sekolah Pertanian Menengah Atas Negeri (SPMAN) Malang, lulus 1983

*S1 Sosial Ekonomi (Sosek) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, lulus 1994

Komentar

News Feed