Lebih Dekat dengan Ketua Fraksi Gerindra Alan Kaisan

  • Whatsapp
KOMITMEN: Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sampang Alan Kaisan saat ditemui di ruang kerjanya.

Meraih kesuksesan, bukan berarti harus meninggalkan perjuangan besar yang pernah dilalui. Namun kesuksesan merupakan wasilah untuk melanjutkan perjuangan besar tersebut. hal itulah yang terus terpatri dalam jiwa mantan aktivis yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Sampang Alan Kaisan.

MIFTAHUL ARIFIN, KOTA

Sektor pertanian bukanlah dunia baru bagi Alan Kaisan. Sebelum mengemban amanah sebagai wakil rakyat dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), pemuda asal Kecamatan Kedungdung itu, merupakan salah satu aktivis yang getol mengawal isu-isu pertanian di Kota Bahari.

Mantan Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Madura (Unira) itu, tercatat sebagai Sekretaris Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Sampang, serta Wakil Ketua Pemuda Tani Jawa Timur, yang secara kontinyu memberikan edukasi tentang perkembangan dunia pertanian pada masyarakat.

Kendati saat ini terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, pria kelahiran 11 Mei 1981 itu tak lantas menanggalkan perjuangannya dalam membantu petani meningkatkan kesejahteraannya.

Melalui jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Sampang yang membidangi sektor peranian dan ekonomi, Alan Kaisan terus komitmen untuk melanjutkan itikadnya dalam memperjuangkan peningkatakan kesejahteraan petani.

“Melalui (DPRD, red) ini, kami berinisiasi untuk menciptakan peraturan daerah (perda) yang berpihak pada petani. Selain itu, kami juga akan meminta pemerintah daerah untuk gencar menggaet investor yang bisa mendorong peningkatan perekonomian petani,” ujarnya, kemarin (7/10).

Diungkapkannya, selama ini hasil pertanian masyarakat, khususnya hasil pertanian garam dan tembakau lebih banyak dijual ke kabupaten tetangga, hal itu lantaran di Kabupaten Sampang belum ada gudang dalam skala besar yang bisa menyerap hasil pertanian masyarakat.

Oleh karenanya, melalui jatah satu kursi yang diraihnya, Alan Kaisan beritikad untuk memperjuangkan kesejahteraan petani, khususnya petani tembakau dan petani garam. Muaranya kata Alan (sapaan akrabnya), tidak lain adalah peningkatan taraf perekonomian masyarakat, khususnya petani di Kabupaten Sampang.

“Kita tahu bahwa masyarakat Sampang mayoritas hidup di sektor pertanian, bahkan (Sampang, red) memiliki lahan pertanian garam dan tembakau terluas di Madura, sekarang bagaimana cara lahan itu bisa berkontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian,” imbuhnnya.

Pria berkepala plontos itu melanjutkan, selain fokus pada sektor pertanian, dirinya juga beritikan untuk memperjuangkan sektor perekonomian, pendidikan dan infrastruktur. Sebab menurutnya, tiga sektor itu memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sampang.

Menurutnya, masih tingginya angka putus sekolah di Kabupaten Sampang, tidak lepas dari kondisi ekonomi masyarakat yang rendah. Dengan demikian, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan, sektor ekonomi harus juga diperhatikan.

“Tiga faktor yang menjadi kerangka persoalan utama rendahnya IPM ini harus segera dipecahkan, agar kesejahteraan di Kabupaten Sampang ini bisa ditingkatkan secara merata,” tutup peraih 11.752 suara pada Pileg 2019 tersebut. (waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *