Lebihi Batas, DPMPD Pamekasan Terapkan Seleksi Tambahan Bacakades

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) PILKADES: DPMD Pamekasan menegaskan bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang dilakukan seleksi tambahan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Pamekasan akan diikuti sebanyak 74 desa. Dalam pelaksanaanya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, akan menerapkan seleksi khusus bagi desa yang memiliki pendaftar bakal calon kades yang melebihi batas lima orang.

Pelaksan Tugas (Plt) Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol mengatakan, Pilkades serentak akan digelar pada 20 September 2021 mendatang. Sementara, tahapan pendaftaran bacakades akan dilaksanakan sembilan hari kerja, terhitung sejak dibuka pada Selasa (29/6/2021) sampai Rabu (7/7/2021) mendatang.

Bacaan Lainnya

Diungkapkannya, jika nantinya dalam suatu desa yang mengikuti kontestasi pemilihan tingkat desa jumlah pendaftar hanya satu orang, maka DPMD melalui panitia tingkat desa kembali membuka pendaftaran hingga calon tersebut lebih dari satu calon.

“Jika awalnya 9 hari kerja ditambah menjadi 20 hari kerja. Ada penambahan 11 hari, penambahan ini dilakukan untuk pendaftar yang hanya satu orang,” terang Ach. Faisol, Selasa (29/6/2021).

Sebaliknya lanjut Faisol, jika nanti dalam suatu desa jumlah pendaftar bacakades sudah melebihi dari lima orang bacakades yang mendaftar. Maka, DPMD akan melakukan seleksi tambahan terhadap bacakades tersebut.

Seleksi tambahan terhadap bacakades tersebut berupa pengalaman bacakades bekerja di lembaga kepemerintahan, usia, pendidikan terakhir dan tes tertulis terhadap bacakades itu.

“Jika balon yang mendaftar tidak sampai lima orang maka panitia tingkat desa sudah bisa menutup tahapan tersebut. Dan tinggal menunggu tahapan selanjutnya, yakni pengumuman penetapan calon kades,” tambahnya.

Dia menambahkan, sesuai amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK), bacakades yang mendaftar boleh dari luar daerah atau desa yang menggelar Pilkades secara serentak

“Meski yang mendaftar ini dari luar daerah bahkan luar kabupaten pun boleh. Asal bacakades ini memenuhi kriteria yang sudah ditentukan,” pungkasnya. (bai/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *