oleh

Legislatif Bangkalan Minta Anggaran Kepemudaan Ditambah

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Minimnya prestasi baik kegiatan kepemudaan atau olahraga dan kepariwisataan di Bangkalan membuat salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan, KH. Mukaffi Kholil mengusulkan adanya penambahan anggaran.

Dirinya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan untuk memasukkan tambahan anggaran tersebut di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Sebab, menurut lelaki berkumis ini, sebetulnya potensi pariwisata di Bangkalan sangatlah banyak. Namun, karena keterbatasan anggaran, wisata di Bangkalan tidak berkembang.

“Begitu juga dengan bidang kepemudaan, banyak sebenarnya bakat dan minat para pemuda di Bangkalan ini. Tapi prestasinya belum ada,” terangnya.

Untuk itu, dirinya meminta agar Pemkab Bangkalan juga memperhatikan dua hal tersebut. Masih menurut KH Mukaffi, sudah seharusnya pemkab jangan hanya menambah anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah berkembang saja.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ini juga perlu dilihat. Banyak potensi-potensi yang ada di dua dinas ini,” paparnya.

KH Mukaffi juga menyayangkan, anggaran yang dikucurkan oleh pemkab Bangkalan yang sangat sedikit untuk kedua dinas tersebut.

“Tahun 2019 anggaran di Dispora dipangkas sampai Rp850 juta. Padahal atlet-atlet di Bangkalan ini juga membutuhkan pembinaan,” ujarnya.

KH Mukaffi menyebut, di daerah lain PAD banyak bersumber dari pariwisata. Sehingga dirinya berharap agar pemkab mau untuk mencontoh daerah lain dalam mendongkrak PAD dari pariwisata.

“Sampai kapan pemerintah ini tidak memperhatikan pariwisata dan kepemudaan? Tidak ada salahnya jika kita anggarkan dana sebesar-besarnya ke pariwisata dan kepemudaan,” tanyanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dispora Bangkalan Moh. Sa’ad Asdjari mengatakan, menurutnya anggaran di dinasnya sangat kecil. Terutama pada anggaran untuk pembinaan atlet. Dirinya hanya berharap, pemkab mempertimbangkan usulan tersebut dan berharap legislatif juga menyetujuinya.

“Kalau bicara anggaran tidak akan ada habisnya, semoga dewan menyetujui adanya tambahan anggaran. Sehingga pemkab mau merealisasikannya,” tandasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed