Legislatif Desak Diskominfo Pamekasan Masifkan Sosialisasi Vaksin

  • Whatsapp
( FOTO: KM/ALI WAFA) BUTUH SOSIALISASI: Cakupan vaksinasi di Pamekasan masih terendah di Jawa Timur.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Cakupan vaksinasi di Pamekasan belum mencapai target 70 persen. Bahkan, masih termasuk paling rendah se-Jawa Timur. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr. Nanang Suyanto.

Mantan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Teja itu menyebutkan, cakupan vaksinasi di Pamekasan untuk kelompok lanjut usia (lansia) pada dosis pertama mencapai 13,12 persen. Sementara pada dosis kedua sangat rendah yaitu 5,75 persen. Sementara vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah mencapai 73,14 persen.

Sementara itu, cakupan vaksinasi untuk umum pada dosis pertama mencapai 28,58 persen. Sementara untuk dosis kedua mencapai 14,37 persen. Kendati pelaksanaan vaksinasi terus diupayakan masif, namun kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi masih rendah. Pihaknya meminta agar semua pihak membantu sosialisasi vaksinasi.

“Vaksinasi ini butuh kerja sama dari semua pihak,” ungkapnya.

Di lain tempat, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Wardatus Sarifah menilai kinerja Dinkes terhadap program vaksinasi sudah cukup masif. Namun, kendala utamanya yaitu mindset masyarakat. Menurutnya, masyarakat perlu diberikan pemahaman. Karena itu, menurutnya, sosialisasi vaksinasi harus lebih gencar.

Bahkan, pihaknya meminta agar Pemkab, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), harus menggencarkan sosialisasi vaksinasi. Menurutnya, dalam situasi seperti ini yang sangat penting untuk disosialisasikan, bukan tentang penumpasan rokok ilegal, melainkan tentang pentingnya vaksinasi.

Tidak hanya itu, ia mengimbau Pemkab melibatkan pemerintah desa dan tokoh agama. Sebab menurut Warda, tokoh agama menjadi rujukan masyarakat. “Karena menurut saya, hambatannya memang ada di mindset,” ucapnya.

Capaian Vaksinasi di Pamekasan

Vaksinasi lansia

Dosis I: 13,12 persen

Dosis II: 5,75 persen

Vaksinasi nakes: 73,14 persen

Vaksinasi masyarakat umum

Dosis I: 28,58 persen

Dosis II: 14,37

Sumber: Dinkes Pamekasan

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *