Legislatif Dorong Dinas PUPR Sampang Proaktif Awasi Kontraktor

(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) DIMINTA PROAKTIF: Anggota Komisi III DPRD Sampang meminta Dinas PUPR memberikan teguran dan sanksi tegas bagi kontraktor nakal.

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Sampang meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bertindak cepat dalam melakukan pengawasan terhadap pengerjaan proyek pembangunan.

Anggota Komisi III DPRD Sampang Abdussalam meminta Dinas PUPR memberikan teguran dan tindakan tegas apabila dalam pelaksanaan proyek menyalahi aturan dan spesifikasi yang ditetapkan.

“Kami berharap Dinas lebih tegas. Jika sudah jelas ada kejanggalan dalam pengerjaan, harus ditegur. Sehingga ada perbaikan mutu,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Pihaknya juga mengimbau agar Dinas PUPR tidak menunggu adanya laporan untuk memberikan teguran atau tindakan kepada para kontraktor yang asal-asalan dalam mengerjakan proyek pembangunan.

Tidak hanya itu, Abdussalam juga meminta Dinas PUPR juga mengawasi secara ketat ketika ada perbaikan proyek oleh kontraktor, agar tidak hanya dipoles sekadarnya. Menurutnya, perlu diberlakukan sanksi yang tegas bagi kontraktor yang nakal. Salah satunya dengan mem-blacklist. Apalagi hal tersebut sudah diperintahkan oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

“Bupati sudah menegaskan, jika ada kontraktor nakal harus di-blacklist. Sehingga jika ada kerusakan, pelaksana wajib bertanggung jawab,” ujar Abdussalam.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Sampang Moh. Zis mengaku bahwa pengawasan terhadap pekerjaan fisik tetap dilakukan. Bahkan menurutnya, ada pengawas internal. “Jika memang terbukti kerusakan akibat mutu yang jelek,  maka diimbau untuk diperbaiki. Jika kontraktor tidak melakukan perbaikan, baru akan ditindak sampai blacklist, ” terang Zis.

 

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Tinggalkan Balasan