oleh

Legislatif Janji Kawal Honor Guru Swasta

Kabarmadura.id/SUMENEP-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan Mohammad Saleh menyampaikan, ada dua bentuk tunjangan yang diberikan kepada guru non-sertifikasi, yang melakukan pengabdian di bawah naungan instansinya.

“Ya, ada transport yang besaran bantuannya sebesar Rp900.000 dan juga honor yang besarnya Rp1.800.000,” katanya, Selasa (8/10).

Saleh menyampaikan, mengenai jumlah data guru swasta yang disasar kedua bantuan tersebut tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Namun untuk personel atau nama guru bisa mengalami perubahan berdasarkan pengajuan dari lembaga.

Dari total guru yang mendapatkan bantuan transportasi secara keseluruhan adalah 4.000 guru. Sementara untuk honor lebih sedikit, yaitu 2.313 guru. Kedua bantuan dicairkan setiap tahun.

“Sertifikasi saja yang satu juta lima ratus tidak cukup perbulan, apalagi pertahun, tetapi memang untuk lenbaga swasta ini memang perlu diperhatikan,” lanjutnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumenep, Faisal Muhlis agak terkejut dengan nominal yang disebutkan, yaitu Rp1.800.000 pertahun. Pihaknya berencana akan berkoordinasi dengan komisi dan instansi terkait, sehingga nantinya sebisa mungkin ditingkatkan.

“Setelah terbentuk komisi nanti, kami akan mencoba mengawal peningkatan honorarium guru, dalam hal ini adalah guru swasta,” katanya. (ara/pai)

Komentar

News Feed