Legislatif Minta Pemkab Pikirkan Regulasi Penyerapan Gabah Petani

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | SUMENEP – Serapan gabah petani membutuhkan campur tangan dan perhatian khusus oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Hal itu untuk membantu petani supaya harga ganah lebih optimal.

Terlebih lagi, tidak lama lagi para petani akan menghadapi musim tanam padi. Maka akan menjadi angin segar bagi para petani jika Pemkab Sumenep memberi perhatian khusus terhadap penyerapan gabah petani.

Sebagaimana disampaikan anggota Komisi II DPRD Sumenep Ach Naufil MS, kehadiran pemerintah terhadap penyerapan gabah petani memang sangat dibutuhkan untuk menatabilkan harga gabah itu sendiri.

“Sudah waktunya pemerintah hadir untuk penyerapan gabah. Jadi, pemerintah perlu menyiapkan strategi jauh-jauh hari agar ketika sudah waktunya panen, petani tidak lagi kebingungan menjual gabahnya dengan harga yang berpihak kepada petani,” jelasnyanya.

Perlu diingat, kata Politisi PKB itu, bahwa petani memang harus mendaptkan perhatian khusus, termasuk penyerapan gabah. Melihat peran petani sangat vital sebagai pahlawan pangan.

Diharapkannya, petani tidak lagi bingung menjual gabahnya. Walaupun terjual, para petani menjual kepada pedagang yang harganya kurang berpihak kepada petani.

“Lain halnya jika pemerintah hadir untuk penyerapan habah, maka harganya tentu diharapkn lebih maksimal. Apalagi, kebiasaan yang sering terjadi, ketika sudah musim panen harga beras cenderung tidak stabil. Nah, ketika itu terjadi, saya rasa Pemkab Sumenep harus hadir untuk membantu petani menyerap gabah,” paparnya.

Mengenai strategi atau cara penyerapan gabah petani oleh pemerintah, Naufil meminta supaya berpikir keras untuk itu dan tentunya, eksekutif lebih memahami hal-hal yang bersifat teknis.

“Misal, membuat regulasi khusus tentang penyerapan gabah, yang muaranya berpihak kepada petani dan pemerintah juga diuntungkan berkaitan dengan ketersediaan dan ketahanan pangan di Sumenep,” pungkasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Fathor Rahman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *