Legislatif Sesalkan Rendahnya Perhatian untuk Atlet

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan-Kegagalan para atlet Bangkalan dalam meraih prestasi pada  Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VI mendapat banyak sorotan. Pasalnya, kegagalan para atlet juga disebabkan lantaran rendahnya perhatian pemerintah daerah, terhadap para atlet yang berjuang pada kompetisi tersebut.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Fatkurrahman, menjadi salah satu pihak yang lantang mengungkapkan kekecewaan terhadap pembinaan atlet yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat.

Dirinya menilai, Dispora Bangkalan telah gagal melakukan pembinaan para atlet, sehingga mengakibatkan kontingen Bangkalan pulang dengan prestasi yang jeblok. Padahal, pemkab sudah mengucurkan dana besar untuk pembinaan atlet tersebut.

Selain itu, politikus PDIP itu mengaku sangat menyayangkan sikap Dispora yang dianggap telah menelantarkan para atlet saat berkompetisi. Menurutnya, para atlet bukanlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dilepas begitu saja tanpa pendampingan, apalagi harus dibiarkan tidur di parkiran hotel hingga harus berangkat dengan menggunakan dana pribadi.

“TKI saja berangkat itu diurus, kadang ada yang dikasih pesangon. Ini, mereka berangkat untuk membanggakan nama Bangkalan masak dibiarkan begitu saja. Saya ingatkan Dispora tidak mengulangi kejadian ini,” tegasnya, Senin (14/7).

Menurut Fatkurrahman, adanya kejadian ini tentunya sangat memalukan nama Bangkalan. Sebab, para atlet dibiarkan terlantar dan pulang tanpa membawa nama harum Bangkalan. Seharusnya, Dispora bisa lebih peduli dan perhatian terhadap kondisi para atlet.

“Ini namanya sudah memalukan Bangkalan, Dispora harus lebih serius dalam membina atlet,” terangnya.

Kekecewaan terhadap rendahnya perhatian pada atlet juga disampaikan oleh Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan. Pihaknya sangat menyayangkan rendahnya perhatian pemerintah, hingga kontingen Bangkalan pulang dengan tanpa prestasi berarti.

Nur Hasan mengatakan, perlu adanya evaluasi serisu terkait persoalan tersebut, bahkan menurutnya, harus ada pembenahan dan perbaikan-perbaikan secara menyeluruh terhadap pembinaan para atlet di Bangkalan.

” Dispora harus memberikan pembinaan lebih, sebab bila tetap seperti ini, prestasi Bangkalan di tingkat provinsi bisa kurang bagus,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menuturkan, pihaknya berencana menambah anggaran pembinaan para atlet kedepannya, jika dana Rp1 miliar dirasa kurang untuk meningkatkan prestasi atlet di Bangkalan.

“Nanti jika anggaran untuk pembinaan kurang, akan kita tambah melalui APBD 2019 agar kontingen-kontingen kita ini lebih bagus lagi,” tukasnya. (ina/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *