oleh

Legislatif Sumenep Beri Perhatian Majukan Pariwisata

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep mendorong langkah Sumenep untuk memajukan pariwisata. Termasuk memajukan wisata-wisata yang ada di sejumlah desa untum dijadikan desa wisata.

Sebab sejumlah desa di Sumenep, memiliki potensi wisata. Potensi pariwisata di sejumlah desa tersebut diharapkan tidak disia-siakan, atau bisa terkelola dengan baik sehingga bisa menjadi desa wisata yang membawa kesejahteraan desa itu sendiri.

Tentunya, guna memajukan desa dengan potensi pariwisata yang dimiliki, dinilai Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma, membutuhkan sentuhan atau peran pemerintah daerah. Agar pariwisata yang ada di desa benar-benar terkelola dengan baik, baik dari sisi manajemen pengelolaan, pengenalan dan lain sebagainya.

“Kalau kami tentunya akan mendoron pengelolaan pariwisata yang dimiliki sejumlah desa di Sumenep. Sejauh ini, kalau pemkab sendiri sudah mulai bergerak tentang desa wisata,” katanya.

Potensi desa berupa pariwisata dinilai sebagai sebuah kelebihan desa. Namun, potensi itu membutuhkan banyak hal supaya bisa menjadi desa wisata dan menjadi sumber perekonomian masyarakat desa itu sendiri.

Pengembangan potensi desa berupa pariwisata, dinilai sejalan dengan program Visit Sumenep. Desa yang memiliki potensi wisata, juga bisa berlomba-loma untuk membangun desanya melalui pariwisata.

Pihak desa diharapkan juga bisa tergugah untuk memajukan desanya, jika di desa tersebut memiliki potensi wisata. “Tidak hanya potensi wisata, jika desa memiliki potensi lainnya, juga bisa dimaksimalkan agar memajukan desanga melalui potensinya,” katanya.

Sementara itu anggota Komisi IV DPRD Sumenep Achmad Jazuli mengaku, Pemkab Sumenep yang sudah berusaha memajukan Bumi Sumekar melalui sektor pariwisata adalah hal positif. Karena memang Sumenep memiliki sektor pariwisata yang sangat bervariatif.

Maka dari itu, program visit pada dasanya sudah baik. Hanya saja, harus dimatangkan program tersebut pada tataran pelaksanaannya, supaya tidak menjadi program yang sia-sia.

Tak kalah penting, menurut Jazuli, dalam perjalanan menjalankan program kepariwisataan, perhatian serius juga tertuju pada potensi desa. Sebab ada banyak desa di Sumenep yang memiliki potensi pariwisata.

Untuk itu, pihaknya mendorong Pemkab Sumenep untuk memberikan sentuhan kepada pemerintah desa guna memajukan desanya melalui desa wisata, bagi desa yang memiliki potensi wisata.

Mengenai pengelolaan potensi pariwisata di desa, Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi mengaku, sejauh ini pihaknya sudah memberikan arahan kepada pihak desa supaya bisa menggaral maksimal potensi-potensi desa yang ada, lebih-lebih potensi wisata.

“Sejauh ini pemkab sudah mendorong pemerintah desa untuk melangkah memaksimalkan potensi pariwisata ditingkat desa. Ada sejumlah desa yang sudah jalan mengelolanya, ada yang belum dan ada yang sudah maksimal. Kami akan terus memberikan arahan agar maksimal menggali potensi dan mengelolanya dengan baik,” paparnya. (ong/waw)

Komentar

News Feed