Legislator Bangkalan Minta Gelaran Kajeb Dievaluasi

  • Whatsapp
BERSAING: Pemilihan Kacong Jebbing beberapa waktu lalu yang diadakan Disbudpar Bangkalan.

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Perhelatan tahunan berupa pemilihan kacong jebbing (kajeb) yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan, mendapat kritikan dari anggota komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan.

Ketua Komisi A DPRD Bangkalan Nur Hasan meminta agar Disbudpar untuk memperbaiki kualifikasi syarat menjadi kacong jebbing (kajeb) Bangkalan. Harus memilih yang benar-benar putra-putri daerah dengan syarat pintar dalam berbahasa asing dan berwawasan luas.

Kacong Jebbing yang diadakan dengan tujuan mempomosikan pariwisata dan kebudayaan Bangkalan, sehingga, pendaftar yang terjaring harus benar-benar diperhitungkan legalitas dan kemampuannya.

“Pemilihan jangan dilakukan asal, misal hanya karena wajahnya cantik dan ganteng atau tubuhnya bagus. Jangan secara fisik, harus pintar dan berwawasan luas, khususnya mampu berbahasa asing, minimal bahasa Inggris dan bahasa lokal yakni Madura,” jelasnya, Selasa (8/10).

Kegiatan tersebut juga harus membawa dampak positif bagi kepariwisataan Bangkalan. Terlebih, anggaran yang dikeluarkan utntuk kegiatan tersebut cukup besar.

“Kacong jebbing ini harus dimanfaatkan dalam mempromosikan pariwisata. Jangan setelah menang, sudah tidak digunakan,” paparnya.

Terkait permasalahan kepariwisataan, seperti keamanan, kepemilikan dan pengembangannya, Nur Hasan menyampaikan, semua hal tersebut sudah dimasukkan dalam Rencana Induk Peraturan Pariwisata Kabupaten Bangkalan (Ripparkab).

“Semua permasalahan seperti keamanan, kepemilikan wisata yang masih dikelola swasta sudah kita masukkan dalam Ripparkab. Jadi nanti setelah tidak ada revisi dari gubernur, perlahan-lahan wisata di Bangkalan pasti akan membaik dengan adanya Ripparkab tersebut,” tuturnya.

Terpisah, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron berharap, nantinya para Kacong Jebbing yang terpilih menjadi duta wisata Bangkalan, dapat terus memperkenalkan dan memajukan wisata di Bangkalan.

“Duta wisata harus memiliki program kerja yang nantinya dapat memajukan wisata Bangkalan. Karena itu pemilihan duta wisata ini memiliki peranan penting untuk memperkenalkan budaya, seni maupun wisata yang ada,” tukasnya. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *