oleh

Legislator Desak Rekrutmen Tenaga Kesehatan untuk RSU Ketapang

Kabarmadura.id/Sampang -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat segera mengadakan rekrutmen tenaga kesehatan, untuk ditempatkan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kecamatan Ketapang.

Anggota Komisi IV DPRD Sampang Sri Rustiana mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan meminta untuk segera melakukan rekrutmen tenaga kesehatan, yang akan ditempatkan di RSU Ketapang.

“Kami mendorong Dinkes  Sampang segera membuka rekrutmen tenaga kesehatan di RSU Ketapang, meliputi, tenaga ahli, tenaga baru dan lama serta lainnya,” ucapnya, kemarin (7/11)

Pihaknya berjanji, akan terus memantau dan mengkroscek langsung ke lapangan. Agar supaya gedung RSU Ketapang tersebut bisa segera beroperasi dengan maksimal. Untuk itu, pihaknya terus mendorong Dinkes merekrut tenaga kesehatan dan melengkapi berbagai fasilitas pendukung lainnya.

“Kami akan terus pantau dan awasi agar RSU Ketapang ini segera dioperasikan, makanya minta Dinkes segera melakukan rekrutmen tenaga kesehatan,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi berdalih, pihaknya mengalami kesulitan pada Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengoperasikan RSU Ketapang.

Kendati demikian, pihaknya berjanji, operasionalisasi RSU Ketapang akan terlaksana pada tahun 2020 mendatang. Sebab sampai saat ini, pihaknya belum bisa melakukan rekrutmen tenaga kesehatan, baik tenaga medis dan paramedis. Namun, Agus mengaku sudah mendata di Puskesmas untuk rencana akan redistribusi tenaga yang sedang bertugas di RSU Ketapang.

“Nantinya, tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas ini, ada yang akan dialihkan ke RSU Ketapang, karena kami terkendala dengan ketersedian SDM yang mempuni dan memadai,” kelitnya.

Lanjut Agus dalam beberapa tahun terakhir, rekrutmen tenangan kesehatan di wialayah itu sangat minim, sedangkan kebutuhan sangat banyak. Untuk itu, dirinya menegaskan, kehadiran RSU Ketapang tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sampang khususnya daerah Pantai Utara (Pantura).

“Dengan hadirnya RSU Ketapang ini diharapakan dapat mempermudah masyarakat di Kecamatan Ketapang, Banyuates, dan Sokobanah untuk berobat, karena jarak tempuhnya yang dekat dengan pelayanan yang priama,” tuntasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed