oleh

Legislator: Pemkab Jangan Ikut Pakai Tambang Ilegal!

Kabarmadura.id-SUMENEP-Tidak habis diperbicangkan publik terkait banyaknya tambang galian C tanpa izin, namun muncul pernyataan “miring” dari legislator. Hasil tambang ilegal tersebut, diduga juga digunakan oleh rekanan proyek milik salah satu instansi di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Material tersebut, ditengarai berupa tanah urukan. Namun, hasil tambang tersebut, didapat dari jenis tambang galian C yang belum mengantongi izin penambangan. Salah satu penambangan liar itu terdapat di Desa Toguluk Kecamatan Batuan, Desa Kasengan Kecamatan Ganding, dan Desa Duko Kecamatan Rubaru.

Sebenarnya, seluruh titik penambangan di Kabupaten Sumenep belum berizin. Kendati demikian, penambang terus mengeruk, termasuk material batu di salah satu bukit di Desa Duko Kecamatan Rubaru. Batu tersebut, diduga kuat digunakan untuk penimbunan bahan dasar perumahan dan sejumlah proyek besar milik Pemkab Sumenep.

Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep Suroyo, pihaknya meminta pemkab untuk segera menindaklanjuti sejumlah titik galian C yang tidak mengantongi izin penambangan.

“Siapa pun, termasuk juga masyarakat harus bergerak cepat untuk memberikan dan memudahkan perizinan itu, termasuk yang menghambat itu,” ujarnya politisi Partai Gerindra.

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep itu juga menegaskan, hasil galian C di tambang ilegal yang digunakan untuk kepentingan pembangunan gedung milik pemerintah, menurutnya sudah melanggar hukum.

“Harusnya pemkab itu memberikan contoh, bukan justru ikut mengambil dari galian C tersebut atau kerja sama dengan itu, itu kurang baik,” jelasnya.

Wakil rakyat yang berasal dari Dapil 5 Sumenep itu meminta penegak hukum agar melakukan pendekatan dengan pemerintah, termasuk juga masyarakat yang masih buta soal izin penambangan.

“Kalau pemerintahnya sudah patuh pada hukum, apalagi masyarakatnya tentu akan lebih sungkan untuk melakukan pelanggaran hukum,” tegas pria asal Kecamatan Gapura itu.

Sebagai wakil rakyat, ia meminta kapada masyarakat utama galian C yang masih mengantongi izin agar segera melakukan proses perizinan, supaya kegiatan penambangannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami sebagai wakil rakyat siap membantu dan memfasilitas segala kebutuhan masyakat, tetapi selama ini soal galian C itu masih belum ada yang memohon izin. Termasuk juga kami, hanya ingin pemkab menjadi uswah bagi rakyatnya,” pungkasnya. (km43/waw)

Komentar

News Feed