oleh

Legislator Pertanyakan Keseriusan Pemkab Wujudkan Smart Village

KM KHOYRUL UMA SYARIF-PERTANYAKAN: Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail pertanyakan keseriusan pemerintah kabupaten dalam merealisasikan wacana smart village.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, sejak awal menjabat pimpinan tertinggi di lingkungan pemerintah kabupaten setempat, merencanakan untuk membanguan desa cerdas dan mandiri atau smart village. Namun sampai saat, tahapan untuk merealisasikan program prioritas itu belum nampak.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum melihat keseriusan pemerintah kabupaten untuk merealisasikan program tersebut. Padahal menurutnya, program itu cukup bagus untuk mengembangkan desa yang ada di bumi Pamelingan.

Dikatakan Ismail, smart village di beberapa kabupaten yang ada di Jawa Timur sudah cukup mapan, sehingga untuk Pamekasan sendiri diperlukan adanya terobosan, agar hal yang berkaitan dengan sinergitas di pemerintahan desa, khususnya yang berkaitan dengan program itu, bisa terlaksana dengan baik.

“Saya kira pemerintah kabupaten harus bisa mencontoh beberapa desa yang sudah dulu  melaksanakan program tersebut,” tuturnya, Selasa (14/5).

Diungkapkan politikus partai Demokrat tersebut, ada satu desa di Pamekasan yang berpotensi untuk menjadi projek awal program smart village. Jika realisasi program smart village itu sukses, desa-desa lain bisa langsung mencontohnya.

Desa tersebut tidak lain adalah Desa Waru Barat, Kecamatan Waru. Desa yang saat ini dipimpin kepala desa Abdus Salam Ramli itu, memiliki terobosan yang sangat luar biasa, inovatif dan kreatif, yang didukung dengan pola komunikasi dan sinergi yang luar biasa warga setempat.

“Kita melihat satu desa itu sangat potensial sekali untuk dijadikan desa percontohan program smart village,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pamekasan Muttaqin menyatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum menerima pemberitahuan tentang realisasi program smart village tersebut.

“Saya belum tahu, belum ada pemberitahuan ke kita,” singkatnya. (km47/pin)

Komentar

News Feed