Lelang Kendaraan Bekas, Pemkab Bangkalan Raup Rp1 Miliar

  • Bagikan
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) PENGECEKAN: Panitia lelang BPKAD yang menunggu pendaftar lelang untuk mengecek kendaraan Selasa, 3 Februari 2021 lalu

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Lelang aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan telah dilakukan pada 5 Februari 2021 lalu. Hasilnya, dari aset berupa kendaraan roda empat yang dilelang, Pemkab Bangkalan meraup Rp1.083.857.000. Totalnya ada 21 kendaran yang dilelang. Namun, satu di antaranya tidak ada peminat.

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan, Abdus Sjahid mengatakan, satu kendaraan yang tidak berhasil dilelang itu adalah satu unit mobil carry. Kata dia, untuk kendaraan yang tak ada pendaftarnya itu akan diajukan lelang kembali bulan depan.

“Untuk mobil yang tidak laku lelang dalam bulan ini kami ajukan untuk penilaian ulang bersama kendaraan yang lain,” tuturnya, Minggu (7/2/2021).

Padahal pendaftaran telah dibuka sejak 19 Januari hingga 4 Februari. Untuk kendaraan yang tidak ada pendaftarnya tersebut, keadaannya memang rusak berat.

“Pendaftar yang menang harus melunasi pembayaran hingga 5 hari kerja ke depan. Jika tidak mulunasi dalam kurun waktu itu, uang jaminan yang sebelumnya ditransfer akan masuk ke pemkab,” ungkapnya.

Sebelumnya pendatar harus membayar uang jaminan sebesar 20 persen dari harga limit. Untuk penawar, kata Sjahid, ada yang menawar hingga 100 persen dari harga limitnya. Tetapi, ada juga yang menawar dengan kenaikan hanya Rp1 juta hingga Rp20 juta dari harga limitnya.

“Untuk yang kalah uang jaminan akan dikembalikan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Mohni menyampaikan, uang hasil lelang tersebut akan menjadi milik kantong Pemkab Bangkalan.

“Nanti hasilnya akan disetor ke kas daerah (Kasda),” pungkasnya. (ina/waw)

Baca juga  Disperinaker Bangkalan masih Usulkan Besaran UMK
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan