oleh

Lengkap, BK DPRD Sumenep Akhirnya Mulai Dibentuk

Kabarmadura.id/Sumenep-Pembentukan Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep sampai saat ini belum dibahas. Alasannya, masih menunggu anggota DPRD atau fraksi-fraksi yang lainnya. Sebab, saat akan dilaksanakan rapat, para legislator ada yang berhalangan umroh dan alasan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir. Menurutnya, alat kelengkapan dewan (AKD) lain sudah terbentuk misalnya, pimpinan, komisi-komisi, badan anggaran (banggar) dan badan musyawarah (bamus) sudah resmi terbentuk. Namun, ada sisa alat kelengkapan dewan yang belum terbuntuk hingga saat ini, yakni badan kehormatan.

“Badan kehormatan belum terbentuk. Sebab, masih menunggu kelengkapan anggota DPRD lainnya,” katanya, Kamis (13/02/2020)

Menurutnya, pembahasan badan kehormatan itu akan dilaksanakan pada Selasa (18/2/2020) di gedung DPRD Sumenep. Harapannya, semua anggota atau fraksi-fraksi di masing-masing partai menghadiri rapat tersebut. Tujuannya, agar roda pemerintahan di Sumenep semakin sempurna.

“Jika sudah terbentuk, roda pemerintahan nantinya akan maksimal,” tuturnya.

Dia menjelaskan, tugas utama Badan Kehormatan nantinya mengamati, mengevaluasi disiplin, etika dan moral anggota DPRD dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan sesuai dengan kode etik DPRD.

Selain itu badan kehormatan dapat melakukan penyelidikan, verifikasi dan klarifikasi atas pengaduan dan dugaan pelanggaran yang dilakukan anggota DPRD serta menyampaikan kesimpulan serta hasilnya sebagai rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh DPRD.

“Badan Kehormatan berwenang untuk memanggil anggota yang bersangkutan untuk memberikan penjelasan dan pembelaan terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukannya,” paparnya.

Politisi PKB itu tidak dapat berbuat banyak mengenai lambannya pembahasan tersebut. Sebab, tugas pimpinan DPRD bersifat kolektif kolegial (kebersamaan dan kekeluargaan) dalam artian pimpinan tidak dapat serta merta menentukan waktu dan mengharuskan anggotanya untuk segera dibahas. Namun, menunggu kesepakatan bersama.

“Kami pimpinan mengiginkan (pembentukan,red )Badan Kehormatan cepat terlaksana,” pungkasnya. (imd/pai/waw)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed