oleh

Lima BUMDes Mendapatkan BK APBD Provinsi Rp375 Juta

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), memberikan bantuan keuangan (BK) melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) terhadap desa. Bantuan tersebut, untuk mensupport berkembangnya badan usaha milik desa (BUMDes). Sehingga, bisa mendukung berbagai program milik desa berdasar dari pendapatan asli desa (PADes).

Untuk tahun ini, terdapat lima desa di Kabupaten Pamekasan yang memperoleh BK dari Pemprov Jatim dengan anggaran mencapai Rp375 juta. Masing-masing, Desa Panempan, Tobungan, Pagendingan, Waru Barat, Bulangan Haji, dan Kertagenah Tengah. Hal Tersebut diungkapkan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Ach. Faisol, Minggu (21/3/2021).

“Rinciannya untuk setiap desa itu, Rp75 juta. Sedangkan pada tahun 2020 kemarin, hanya ada dua desa yang mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta, dengan tujuan mampu meningkatkan  usaha yang dijalankan di setiap desa,” ujarnya.

Menurutnya, tahun ini tidak ada BK yang bersumber dari APBD Pamekasan. Meski demikian, daerah memiliki tugas untuk terus membina dan mengarahkan bagaimana desa yang belum mempunyai BUMdes bisa dengan segera merintis. Sebab, jika dikerjakan dengan serius PADes akan semakin meningkat setiap tahunya.

“Kami terus melakukan pendampingan kepada 178 desa untuk bisa mengembangkan BUMdes-nya,”tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Rida’i berharap, pendampingan kepada semua desa perlu dilakukan secara intens. Sebab, desa yang memperoleh bantuan anggaran, sangat perlu dipantau. Salah satu tujuannya, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengelolaan anggaran.

“Turun langsung kepada setiap desa akan lebih sangat efektif, ketika memberikan lamaran,” tukasnya. (rul/ito)

Lima Desa Peroleh BK APBD Provinsi untuk BUMDes

  • Desa Tobungan Kecamatan Galis
  • Desa Panempan Pamekasan
  • Desa Pagendingan Kecamatan Galis
  • Desa Waru Barat Kecamatan Waru
  • Desa Kertagenah Tengah Kecamatan Kadur
  • Masing-Masing Desa Memperoleh BK Sebesar Rp75 Juta

Komentar

News Feed